
Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Sayur-sayuran Pada Pasar Tradisional Kota Tarakan
Pengarang : Aisyah Rahmawati
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2025Abstrak Indonesia
Sayur-sayuran merupakan kebutuhan pokok yang dikonsumsi sehari-hari oleh masyarakat. meskipun pasar modern terus berkembang, pasar tradisional masih menjadi pilihan utama bagi banyak konsumen di kota tarakan. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologi terhadap keputusan pembelian sayur-sayuran di pasar tradisional kota tarakan. responden dalam penelitian ini sebanyak 100 orang. analisis data menggunakan regresi linear berganda. hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor pribadi, budaya, sosial dan psikologi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, secara parsial faktor budaya dan psikologi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan faktor pribadi dan sosial tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian sayur-sayuran di pasar tradisional kota tarakan. kata kunci: pasar tradisional, sayur-sayuran, keputusan pembelian
Abstrak Indonesia
Vegetable are an essential component of the community’s everyday diet. even though modern marketplace are expanding, many tarakan shoppers still prefer traditional markets. the purpose of this study is to discover how cultural, social, personal, psychologi aspects influence vegetable shopping decisions in tarakan’s traditional markets. this survey included 100 respondents. data is analyzed using multiple linear regression. the findings revealed that personal, cultural, social, and psychological factors all had a significant impact on purchasing decisions for vegetables in tarakan’s traditional markets. cultural and psychological also had a significant impact, but personal and social factors did not. keywords: traditional markets, vegetabels, purchasing decisions