
Profil Kemampuan Numerasi Siswa Kelas IX SMP Negeri 3 Sei Menggaris Pada Konten Bilangan
Pengarang : Salmayani
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2025Abstrak Indonesia
Kemampuan numerasi penting dimiliki siswa dalam merespon dan menyelesaikan permasalahan di kehidupan sehari-hari. oleh karena itu, perlu adanya penelitian untuk mengetahui profil kemampuan numerasi siswa. penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan numerasi siswa di kelas ix smp negeri 3 sei menggaris pada konten bilangan. penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. populasi dalam penelitian ini, yaitu seluruh siswa kelas ix smp negeri 3 sei menggaris. karena populasi kurang dari 30 (kecil), maka pengambilan sampel menggunakan jenis nonprobability sampling dengan teknik sampling jenuh. pengumpulan data menggunakan instrumen berupa tes tertulis dalam bentuk uraian. teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan numerasi siswa tergolong rendah dengan rata-rata nilai siswa sebesar 48,50. hal ini terjadi karena siswa memiliki kemampuan yang lebih unggul dalam perhitungan sederhana, terutama yang melibatkan penerapan rumus langsung seperti perhitungan perbandingan. namun, ketika siswa dihadapkan pada masalah yang lebih kompleks, siswa mengalami kesulitan dalam merumuskan strategi pemecahan masalah dan menyajikan langkah-langkah penyelesaian secara sistematis. sebagian besar siswa berada pada level 2, 3, dan 4 yang mencerminkan bahwa sebagian besar siswa hanya mampu menyelesaikan soal yang melibatkan proses numerik dasar dan strategi sederhana, tetapi belum mampu melakukan penalaran kompleks atau menyelesaikan soal dengan informasi yang tidak dinyatakan secara langsung. kata kunci: kemampuan numerasi, bilangan, profil
Abstrak Indonesia
Numeracy skills are important for students to respond and solve problems in everyday life therefore, there is a need for research to determine the profile of students' numeracy skills. this study aimed to describe the numeracy skill profile of ninth-grade students at smp negeri 3 sei menggaris on numbering content. this research used a descriptive quantitative approach. the population in this study consisted of all ninth-grade students of smp negen 3 sei menggaris because the population was less than 30 (small) and the sampling was conducted using non-probability sampling with a saturated sampling technique data collection used an instrument in the form of a written test in the form of descriptions. data analysis techniques used descriptive statistics. the research results indicated that students' numeracy skills are categorized as low, with an average student score of 48.50. this occurs because students have superior abilities in simple calculations, particularly those involving the application of direct formulas like comparison calculations. however, when students were faced with more complex problems, students struggle to formulate problem-solving strategies and present the steps to a solution systematically. most students are at levels of 2, 3, and 4, which reflect that most students can only solve problems that involve basic numerical processes and simple strategies, but are not yet able to engage in complex reasoning or solve problems with information that is not stated directly. keywords: numeracy skills, numbers, profile