UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of The Effect Of Peer Assessment Strategy On Students’ Speaking Skills At The Third Graders Of SMPN 3 Tarakan.

The Effect Of Peer Assessment Strategy On Students’ Speaking Skills At The Third Graders Of SMPN 3 Tarakan.

Pengarang : Rahmadani Sahrima

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2025
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Berbicara merupakan salah satu dari empat keterampilan berbahasa, yang diartikan sebagai pengungkapan ide, pendapat, atau pesan dengan bahasa lisan. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi penilaian teman sebaya untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas tiga smpn 3 tarakan. penelitian ini menggunakan desain pra-eksperimental dengan model pre-test dan post-test satu kelompok yang melibatkan 29 siswa. data dikumpulkan melalui tes kinerja berbicara, yang dinilai menggunakan rubrik speaking, yang mencakup lima aspek: pemahaman, pengucapan, tata bahasa, kefasihan, dan kosakata. tes yang sama diberikan sebelum dan sesudah perlakuan, yang terdiri dari empat pertemuan yang berfokus pada berbicara yang mencakup kegiatan penilaian teman sebaya. hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kinerja berbicara siswa setelah perlakuan. nilai rata-rata meningkat dari 36,97 pada pre-test menjadi 61,66 pada post-test. paired samples t-test menunjukkan nilai signifikansi sebesar .000, yang menunjukkan perbedaan yang signifikan secara statistik. di antara semua aspek berbicara, tata bahasa menunjukkan peningkatan tertinggi, dan pelafalan memiliki peningkatan terendah, meskipun masih meningkat. hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penilaian teman sebaya merupakan strategi yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berbicara dengan mendorong refleksi, pertukaran umpan balik, dan keterlibatan siswa. kata kunci: penilaian teman sebaya, keterampilan berbicara, tata bahasa, pengucapan.

Abstrak Indonesia

Speaking is one of the four language skills, described as communicating thoughts, views, or messages via spoken language. this study aimed to analyze the effect of using the peer assessment strategy to improve the speaking ability of third-grade students of smpn 3 tarakan. this study applied a pre-experimental design with a one-group pre-test and post-test model involving 29 students. data were collected through a speaking performance test, which was assessed using the speaking rubric with five aspects comprehension, pronunciation, grammar, fluency, and vocabulary. the same test was administered before and after the treatment. the treatment consisted of four speaking-focused meetings that included peer assessment activities the results showed a significant improvement in students' speaking performance after the treatment. the mean score increased from 36 97 in the pre-test to 61.66 in the post-test. the parred samples t-test showed a significance value of 000, indicating a statistically significant difference among all aspects of speaking, grammar had the highest improvement, and pronunciation had the lowest improvement, although it still increased. the results of this study conclude that peer assessment was an effective strategy to improve speaking by encouraging reflection, feedback exchange, and student engagement. keywords: peer assessment, speaking skills, grammar, pronunciation.