
The Effect of Using Flashcards Apps in Improving Students’ Speaking Achievement At The Tenth Graders of SMK Kesehatan Kaltara Tarakan in Academic Year 2019/2020
Pengarang : Richa Selfy Evitasari
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2020Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan apakah penggunaan aplikasi flashcards memiliki pengaruh pada peningkatan hasil belajar berbicara siswa pada kelas sepuluh di smk kesehatan kaltara tarakan. penelitian ini disusun dalam bentuk preeksperimen. peneliti ingin menentukan perbedaan hasil belajar berbicara siswa antara sebelum dan sesudah diajarkan menggunakan applikasi flashcards apps. sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas x farmasi b yang terdiridari 22 siswadi smk kesehatan kaltara tarakan. instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes lisan. tes lisan dilaksanakan pada saat sebelum (pre test) dan sesudah (post test) penggunaan flashcards apps di dalam kelas. tes lisan digunakan untuk mengukur tata bahasa, kosakata, kelancaran, dan pemahaman, berdasarkan skala kemahiran lisan standar yang mengacu pendapat hughes. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan antara skor pre test siswa dan skor post test siswa. hal tersebut dibuktikan dengan hasil nilai rata rata siswa. setelah data dianalisa, peneliti mendapatkan bahwa skor rata-rata pre test adalah 44,70 dan skor rata-rata post test adalah 63,25. hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara skor pre test dan post test. selanjutnya, hasil analisa uji-t sampel berpasangan menunjukkan bahwa uji-t (7,880) lebih tinggi dari t-tabel (2,079). berdasarkan hasil uji tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan aplikasi flashcards terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar berbicara siswa. disamping itu, penggunaan aplikasi flashcards apps dapat membuat kegiatan belajar lebih menarik dan membuat siswa lebih aktif dikelas.
Abstrak Indonesia
This study aimed to determine whether the use of flashcards application had an influence on speaking achievement of the tenth grade students at smk kesehatan kaltara tarakan. this research used a pre-experimental design. the difference between students' speaking achievement before and after taught using the flashcards application was examined. the sample in this study were 22 tenth grade students of pharmacy b class at smk kesehatan kaltara tarakan. the research instruments used to collect data were oral test. oral tests are carried out before and after the use of flashcards in the classroom. the components measured in the test were grammar, vocabulary, fluency, and comprehension which were based on hughes' standard oral proficiency scale. the results of this study indicated that there was a mean score difference where the posttest score (63.25) was greater than the pretest score (44.70). furthermore, the results of the paired sample t-test showed that the calculated t value (7,880) was higher than the critical t value (2,079). it was concluded that the use of the flashcards application was effective in improving speaking achievement of the tenth grade students at smk kesehatan kaltara tarakan. in addition, the use of the flashcards application made the learning activities more interesting and made the students more active in class.