UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 TARAKAN

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 TARAKAN

Pengarang : Firmansyah

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2025
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran student teams achievement division (stad) terhadap kemampuan komunikasi matematis (kkm) siswa di kelas viii smpn 4 tarakan. penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas viii smpn 4 tarakan tahun ajaran 2024/2025. teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling sehingga diperoleh sampel pada penelitian ini 60 siswa yaitu 30 siswa kelas viii-1 sebagai kelas kontrol dan 30 siswa kelas viii-4 sebagai kelas eksperimen. pengumpulan data kkm menggunakan tes yaitu pretest dan posttest dengan soal yang berbeda. data penelitian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif berupa perhitungan rata-rata, analisis inferensial berupa uji normalitas menggunakan uji one-sample kolmogorov smirnov test, uji homogenitas menggunakan uji f dan uji independent sample t-test menggunakan data n-gain. berdasarkan hasil uji one-sample kolmogorov smirnov test menunjukkan bahwa nilai dhitung pada kedua kelas lebih kecil dibandingkan nilai dtabel, sehingga menunjukkan bahwa data kkm siswa pada kedua kelas tersebut berdistribusi normal. selajutnya dilakukan uji homogenitas menggunakan uji f. hasil uji f menunjukkan bahwa nilai fhitung pada kedua kelas lebih kecil dibandingkan nilai ftabel, sehingga data kkm siswa pada kedua kelas mempunyai varian yang bersifat homogen. berdasarkan hasil perhitungan uji t diperoleh nilai thitung: 4,17 > ttabel : 1,67 pada taraf signifikan 5%. berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kkm antara kelas eksperimen dan kontrol. hasil penelitian terlihat bahwa rata-rata n-gain kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan rata-rata n-gain kelas kontrol dengan masing-masing skor adalah 34,10 dan 20,57. dari perbedaan skor rata-rata tersebut membuktikan bahwa adanya pengaruh dari model pembelajaran stad dan pembelajaran konvensional dikarenakan kedua kelompok tersebut sama-sama menstimulasikan kemampuan komunikasi matematis. dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran student teams achievement division (stad) terhadap kkm siswa di kelas viii smpn 4 tarakan.. kata kunci : model pembelajaran student teams achievement division (stad), kemampuan komunikasi matematis.

Abstrak Indonesia

This study aims to determine the effect of the student teams achievement division (stad) learning model on the mathematical communication skills (mcs) of stadents in grade viii at smpn 4 tarakan. this study employs a pretest-posttest control group design. the population consisted of all eighth-grade students at smpn 4 tarakan for the 2024/2025 academic year. the sampling technique used was cluster random sampling, resulting in a sample of 60 students: 30 from class viii-1 as the control group and 30 from class viii-4 as the experimental group data collection for kkm was conducted using a pretest and post-test with different questions. the research data were analyzed using descriptive analysis techniques, including mean calculations and inferential analysis using the one-sample kolmogorov-smirnov test for normality, the f-test for homogeneity, and the independent sample t-test using n-gain data. based on the one-sample kolmogorov-smirnov test results, the calculated d value for both classes was smaller than the table d value, indicating that the kkm data for students in both classes were usually distributed. next, a homogeneity test was conducted using the f test. the results of the f test showed that the calculated f value for both classes was smaller than the table f value, indicating that the kkm data for students in both classes had homogeneous variance. based on the t-test results, the t-calculated value was 4.17>t-table: 1.67 at a significance level of 5%. the t-test results showed a difference in kkm between the experimental and control classes. the research results can be seen from the average n-gain scores of the experimental and control classes, which were 34.10 and 20.57, respectively. the difference in average scores proves that there is an influence from the stad learning model and conventional learning because both groups stimulate mathematical communication skills. thus, the student teams achievement division (stad) learning model influences students' kkm in class viii of smpn 4 tarakan keywords: student teams achievement division (stad) learning model, mathematical communication skills