
ENHANCING STUDENTS READING COMPREHENSION ON MAIN IDEA IDENTIFICATION AND TEXT SUMMARIZATION USING GIST STRATEGY AT NINTH-GRADE STUDENTS OF SMP N 08 TARAKAN
Pengarang : Susilowati Edi
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2025Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman membaca siswa kelas sembilan, khususnya dalam mengidentifikasi ide utama dan membuat rangkuman teks dengan menggunakan strategi gist (generating interactions between schemata and text) strategi ini dipilih karena mampu melatih siswa untuk fokus pada inti informasi dari bacaan dan menyusunnya kembali dalam bentuk yang lebih ringkas dan bermakna. penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (ptk) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari dua pertemuan. subjek penelitian adalah 30 siswa kelas ix-2 smp negeri 08 tarakan pada tahun ajaran 2023/2024. pengumpulan data dilakukan melalui dua instrumen utama, yaitu tes pemahaman membaca dan lembar observasi yang digunakan untuk memantau aktivitas siswa dan guru selama proses pembelajaran. pada siklus pertama, hasil menunjukkan bahwa hanya 22% siswa yang mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (kkm). meskipun partisipasi dan kinerja guru menunjukkan peningkatan, masih terdapat tantangan signifikan antaranya meliputi kesulitan siswa dalam memahami langkah-langkah strategi gist, rendahnya keterlibatan dalam diskusi kelompok, serta keterbatasan waktu dalam pelaksanaan kegiatan. oleh karena itu, perbaikan dilakukan pada siklus kedua dengan memberikan penjelasan strategi secara lebih rinci dan menggunakan kegiatan pembelajaran yang lebih interaktif. hasil pada siklus kedua menunjukkan peningkatan yang signifikan. peningkatan signifikan terlihat dari kenaikan siswa yang mencapai kkm, dari 22% menjadi 63%. partisipasi siswa juga meningkat dari 80% ke 96%, dan kinerja guru dari 85% ke 96%. hal ini menunjukkan bahwa strategi gist efektif dalam meningkatkan hasil dan proses pembelajaran. temuan ini menunjukkan bahwa penerapan strategi gist mampu meningkatkan pemahaman membaca siswa, khususnya dalam hal mengidentifikasi ide utama dan merangkum teks secara efektif. implikasi dari penelitian ini mengindikasikan bahwa strategi gist dapat dijadikan sebagai salah satu pendekatan alternatif yang efektif bagi guru dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa di tingkat smp. kata kunci : keterampilan membaca, identifikasi ide utama, strategi gist, penelitian tindakan.
Abstrak Indonesia
This study aimed to improve the reading comprehension skills of ninth-grade students, especially in identifying the main idea and summarizing the text by using the gist (generating interactions between schemata and text) strategy. this strategy was selected to train students to focus on the core information from the reading and reorganize it in a more concise and meaningful form. this research was a classroom action research (ptk) conducted in two cycles, consisting of two meetings. the research subjects were 30 students of class ix-2 of smp negeri 08 tarakan in the 2023/2024 academic year. data collection was conducted through two main instruments, namely reading comprehension tests and observation sheets used to monitor student and teacher activities during the learning process. in the first cycle, the results discovered that only 22% of students reached the minimum completion criteria (kkm) score. although teacher participation and performance showed improvement, there were still significant challenges, including students' difficulties in understanding the steps of the gist strategy, low involvement in group discussions, and limited time in implementing activities. therefore, improvements were made in the second cycle by providing a more detailed explanation of the strategy and using more interactive learning activities. the results in the second cycle illustrated a significant improvement. significant improvement can be seen from the increase in students who reached the kkm, from 22% to 63%. student participation also increased from 80% to 96%, and teacher performance from 85% to 96%. this implies that the gist strategy is effective in improving learning outcomes and processes. the findings show that the implementation of the gist strategy can improve students' reading comprehension, particularly in terms of identifying the main idea and summarizing the text effectively. the implication of this study indicates that the gist strategy can be used as one of the effective alternative approaches for teachers in improving students' reading skills at the junior high school level. keywords: reading skills, identifying main idea, gist strategy, action research.