UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI 
MELALUI METODE FIELD TRIP PADA SISWA KELAS VII-4
 DI SMPN 11 TARAKAN

MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI METODE FIELD TRIP PADA SISWA KELAS VII-4 DI SMPN 11 TARAKAN

Pengarang : Novi Yunita Aprilia

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2025
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks puisi menggunakan metode pembelajaran field trip pada siswa kelas vii-4 smp negeri 11 tarakan. metode pembelajaran digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks puisi siswa. penelitian yang digunakan merupakan penelitian tindakan kelas yang melibatkan satu kelas. subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas vii-4 smp negeri 11 tarakan. hasil penelitian ini menunjukkan untuk mengetahui keefektifan peningkatan keterampilan kemampuan menulis teks puisi dengan menggunakan metode field trip. hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode field trip dapat meningkatkan kemampuan menulis teks puisi pada siswa kelas vii-4 smp negeri 11 tarakan. hal tersebut terbukti dari peningkatann hasil belajar siswa. penelitian yang dilaksanakan diperoleh hasil belajar siklus i pada kategori rendah dari 20 orang siswa, hanya 7 orang siswa (35%) yang mendapatkan nilai di atas kkm, sementara siswa yang mendapatkan nilai dibawah kkm atau tidak tuntas sebanyak 13 orang siswa (65%). hasil belajar siswa pada siklus ii dari 20 orang siswa, hanya 3 orang siswa (15%) yang mendapatkan nilai di bawah kkm atau tidak tuntas, dan siswa yang mendapatkan nilai kkm atau tuntas adalah 17 orang siswa (85%). hasil analisis data menunjukkan penilaian mengalami peningkatan pada hasil belajar siswa pada siklus i yang masih kurang, pada siklus ii siswa sudah mampu dan memahami dengan baik menulis teks puisi. kata kunci: teks puisi, kemampuan menulis, metode field trip.

Abstrak Indonesia

This study was conducted to improve the ability to write poetry text using the field trip learning method in class vii-4 students of smp negeri 11 tarakan. the learning method was applied to improve the students' ability to write poetry texts. this study was a class action research involving one class. the subjects in this study were students of class vii-4 smp negeri 11 tarakan. the results indicated that using the field trip method can improve the ability to write poetry texts in students of class vii-4 smp negeri 11 tarakan. this was proven by the improvement of students' learning outcomes. the research obtained learning outcomes in cycle i in the low category of 20 students, only 7 students (35%) who scored above the kkm, while students who scored below the kkm or incomplete were 13 students (65%). student learning outcomes in cycle 11 of 20 students, only 3 students (15%) scored below the kkm or incomplete, and students who scored kkm or complete were 17 students (85%). the data analysis revealed that the assessment had improved on student learning outcomes in cycle i, which were still lacking, and in cycle ii, the students were able and understood in writing poetry texts properly. keywords: poetry text, writing ability, field trip method.