UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Permainan Lompat Karet Untuk Meningkatkan Kolaborasi Siswa Kelas VIII Di SMPN 5 Tarakan

Pengaruh Permainan Lompat Karet Untuk Meningkatkan Kolaborasi Siswa Kelas VIII Di SMPN 5 Tarakan

Pengarang : Latifah Qalbiah

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2025
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Latifah qalbiah 2025. pengaruh permainan lompat karet untuk meningkatkan kolaborasi siswa kelas viii di smpn 5 tarakan tahun 2025 / 2026. pembimbing utama nisa ariantini, m.pd, pembimbing anggota nurul fadilah, s.pd.,m.pd. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan lompat karet untuk meningkatkan kolaborasi siswa kelas viii di smpn 5 tarakan. kolaborasi merupakan suatu proses saling bekerja sama, berkoordinasi, mempunyai unsur ketergantungan positif dalam kelompok yang mengarah pada tujuan bersama. penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen desain one - group pretest - posttest. adapun populasi penelitian ini sebanyak 209 siswa dan teknik pengampilan sampel menggunakan teknik purpusive sampling yaitu berjumlah 8 siswa. intrumen penelitian menggunakan skala likert untuk mengetahui kemampuan kolaborasi siswa, dengan uji hipotesis menggunakan uji wilcoxon. pada pemberian pretest terdapat 2 ( 25 % ) siswa memiliki tingkat kolaborasi yang rendah, terdapat 5 ( 62 % ) siswa yang memiliki tingkat kolaborasi sedang dan terdapat 1 ( 13 % ) siswa yang memiliki tingkat kolaborasi tinggi. pada pemberian posttest terdapat 6 ( 75 % ) siswa memiliki tingkat kolaborasi yang sangat tinggi, dan 2 ( 25 % ) siswa memiliki tingkat kolaborasi tinggi. berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji wilcoxon diperoleh nilai sig ( 2 - tailed ) sebesar 0,012 < 0,05 maka ho ditolak dan ha diterima, maka hipotesis yang berbunyi “ pengaruh permainan lompat karet untuk meningkatkan kolaborasi siswa kelas viii di smpn 5 tarakan ” diterima. kata kunci : permainan lompat karet, kolaborasi

Abstrak Indonesia

This study aims to determine the effect of rubber band jumping games on improving collaboration among eighth - grade students at smpn 5 tarakan. collaboration is a process of working together, coordinating, and having positive interdependence within a group that leads to a common goal. this study employs a quantitative approach using a one - group pretest - post - test experimental design. the study population consists of 209 students, with a sample size of 8 students selected using purposive sampling. the research instrument utilizes a likert scale to assess students' collaborative abilities, with hypothesis testing conducted using the wilcoxon test. in the pretest, 2 ( 25 % ) students had a low level of collaboration, 5 ( 62 % ) students had a moderate level of collaboration, and 1 ( 13 % ) student had a high level of collaboration. in the post-test, 6 ( 75 % ) students had very high collaboration levels, and 2 ( 25 % ) students had high collaboration levels. based on the hypothesis test results using the wilcoxon test, the sig value ( 2 - tailed ) was 0.012 < 0.05, so ho was rejected, and ha was accepted. keywords : rubber band jumping game, collaboration