
Metalanguage Analysis On Reading Text Used By Student Based On Merdeka Kurikulum At Sma Negeri 1 Tarakan
Pengarang : Jasmin
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2025Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan metalanguage dalam teks bacaan bahasa inggris yang digunakan oleh siswa berdasarkan kurikulum merdeka di sma negeri 1 tarakan. kurikulum merdeka memberikan fleksibilitas bagi pendidik dalam menentukan metode dan materi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. salah satu aspek penting dalam pembelajaran bahasa adalah metalanguage, yaitu istilah atau simbol yang digunakan untuk menjelaskan bahasa itu sendiri. penelitian ini berfokus pada analisis metalanguage dalam buku teks "bahasa inggris tingkat lanjut" yang diterbitkan oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan. metode penelitian yang digunakan adalah analisis isi dengan pendekatan kualitatif. data diperoleh melalui identifikasi dan kategorisasi elemen metalanguage yang terdapat dalam teks bacaan pada buku ajar tersebut. hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ajar ini mengintegrasikan berbagai elemen metalanguage, seperti struktur kalimat, kelas kata, tenses, voice, modal auxiliary verbs, serta bentuk-bentuk linguistik lainnya yang mendukung pemahaman bahasa. namun, ditemukan juga bahwa beberapa konsep metalanguage belum dijelaskan secara eksplisit, yang dapat mempengaruhi pemahaman siswa terhadap struktur bahasa inggris. penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi pembelajaran yang lebih efektif, khususnya dalam meningkatkan kesadaran linguistik siswa. selain itu, hasil penelitian ini dapat menjadi referensi bagi guru dalam memilih dan menyusun materi ajar yang lebih sesuai dengan tujuan pembelajaran dalam kurikulum merdeka. kata kunci: metalanguage, teks bacaan, kurikulum merdeka, pembelajaran bahasa inggris.
Abstrak Indonesia
This study aims to analyze the use of metalanguage in english reading texts used by students based on the merdeka curriculum at sma negeri 1 tarakan. this study focused on the analysis of metalanguage in the textbook "advanced english" published by the ministry of education and culture. the research method was content analysis with a qualitative approach. data were obtained through the identification and categorization of metalanguage elements contained in the reading text of the textbook. the results showed that this textbook integrates various elements of metalanguage, such as sentence structure, word classes, tenses, voice, modal auxiliary verbs, and other linguistic forms that support language understanding. however, it was also found that some metalanguage concepts have not been explicitly explained, which may affect students' understanding of english structures. this research is expected to contribute to the development of more effective learning strategies, especially in increasing students' linguistic awareness. keywords: metalanguage, reading text, merdeka curriculum, english language learning.