UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Efektivitas Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Ibu Tentang Perkembangan Motorik Kasar Anak Prasekolah Di Kota Tarakan

Efektivitas Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Ibu Tentang Perkembangan Motorik Kasar Anak Prasekolah Di Kota Tarakan

Pengarang : Nisha Azrina Zaine

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2025
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Masa prasekolah merupakan periode penting dalam perkembangan anak, terutama dalam aspek motorik kasar yang melibatkan aktivitas seperti berjalan, melompat, dan berlari. stimulasi yang kurang optimal dari orang tua, terutama ibu, dapat menyebabkan keterlambatan perkembangan. pengetahuan dan sikap ibu memiliki peran krusial dalam memberikan stimulasi yang sesuai. media video sebagai salah satu bentuk pendidikan kesehatan dinilai mampu meningkatkan pemahaman dan kesadaran ibu secara lebih efektif karena melibatkan aspek visual dan audio secara bersamaan. penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pendidikan kesehatan menggunakan media video terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap ibu tentang perkembangan motorik kasar anak prasekolah di kota tarakan. jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain pre-eksperimental menggunakan pendekatan one group pretest-posttest design. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu yang memiliki anak usia prasekolah di kelompok bermain permata bunda kota tarakan, dengan jumlah sampel sebanyak 37 responden yang dipilih menggunakan teknik total sampling. instrumen penelitian berupa kuesioner pengetahuan 19 item dan kuesioner sikap 30 item. analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat menggunakan uji wilcoxon untuk data pengetahuan dan paired t-test untuk data sikap. hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada nilai pengetahuan dan sikap ibu setelah intervensi pendidikan kesehatan dengan media video. uji wilcoxon menunjukkan nilai p < 0,001 untuk pengetahuan, dan paired t-test menunjukkan nilai p < 0,001 untuk sikap. hal ini menunjukkan bahwa intervensi yang diberikan efektif dalam meningkatkan kedua variabel tersebut. pendidikan kesehatan menggunakan media video terbukti efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap ibu mengenai perkembangan motorik kasar anak prasekolah. pendekatan ini dapat dijadikan metode alternatif dalam edukasi kesehatan masyarakat. kata kunci : pendidikan kesehatan, media video, pengetahuan, sikap, motorik kasar, anak prasekolah.  

Abstrak Indonesia

The preschool period is a critical stage in a child's development, particularly in terms of gross motor skills, which include activities such as walking, jumping, and running. insufficient stimulation from parents especially mothers can lead to developmental delays. a mother's knowledge and attitude play a vital role in providing appropriate stimulation. video media, as a form of health education, is considered effective in enhancing maternal understanding and awareness, as it engages both visual and auditory senses simultaneously. this study aims to analyze the effectiveness of health education using video media in improving mothers' knowledge and attitudes regarding gross motor development in preschool-aged children in tarakan city. the research employed a quantitative method with a pre-experimental design using a one-group pretest-posttest approach. the population consisted of all mothers of preschool children at the permata bunda playgroup in tarakan city, with a total sample of 37 respondents selected through total sampling. research instruments included a 19-item knowledge questionnaire and a 30-item attitude questionnaire. data were analyzed using univariate and bivariate methods, with the wilcoxon test applied to knowledge data and the paired t-test to attitude data. the results showed a significant improvement in both knowledge and attitude scores after the health education intervention using video media. the wilcoxon test yielded a p-value of < 0.001 for knowledge, and the paired t-test showed a p-value of < 0.001 for attitude. these findings indicate that the intervention was effective in improving both variables. health education delivered through video media is proven to be effective in enhancing mothers' knowledge and attitudes regarding gross motor development in preschool children and can serve as an alternative approach in community health education. keywords: health education, video media, knowledge, attitude, gross motor skills, preschool children