UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Modul Pembelajaran Menulis Cerpen Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tanjung Palas Kabupaten Bulungan

Pengembangan Modul Pembelajaran Menulis Cerpen Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tanjung Palas Kabupaten Bulungan

Pengarang : Okky Sakti Purwoko

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2017
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk modul pembelajaran menulis cerpen berbasis contextual teaching and learning siswa kelas vii smpnegeri 1 tanjung palas dan menghasilkan produk modul pembelajaran menulis cerpen berbasis contextual teaching and learning yang efektif dari aspek kelayakandan keefektifan. penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research anddevelopment) dari model 4-d models yang dikemukakan oleh thiagarajan dalammulyatiningsih (2013:223) yang dibatasi sampai pada empat tahap. instrumenpenelitian dan pengembangan ini menggunakan lembar pedoman wawancara guru,angket validasi ahli materi, angket validasi ahli bahasa, angket validasi ahli desain,angket respon guru, dan angket respon siswa. hasil penelitian dari validasi penyajian modul melalui angket oleh pakarmateri mendapat 95%, dari pakar bahasa mencapai 80%, dan pakar desain mencapai90%. hasil angket tanggapan dari guru terhadap modul pembelajaran menulis cerpenberbasis contextual teaching and learning sebesar 92% dan tanggapan siswa sebesar96%. uji coba produk yang dikembangkan dilaksanakan di smp negeri 1 tanjungpalas. hasil penelitian dan pengembangan modul layak digunakan dalampembelajaran bahasa indonesia materi menulis cerpen dengan berbasis contextualteaching and learnings.

Abstrak Indonesia

Tidak Tersedia Deskripsi