
ANALISIS PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, DAN AKTIVITAS SEBAGAI FAKTOR PENENTU NILAI PERUSAHAAN DENGAN REPUTASI PERUSAHAAN SEBAGAI PEMODERASI (Studi Kasus: Perusahaan Properti Dan Real Estate Di Indonesia)
Pengarang : Annisa Aulia Rahmi
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2025Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis profitabilitas, likuiditas, dan aktivitas sebagai faktor penentu nilai perusahaan dengan reputasi perusahaan sebagai pemoderasi pada perusahaan properti dan real estate di indonesia selama periode 2019-2023. pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling yang diperoleh sebanyak 52 perusahaan sehingga memperoleh 260 observasi. teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan sem-pls dengan aplikasi warppls 8.0. hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas dan likuiditas tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, sedangkan aktivitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. untuk uji moderasi reputasi perusahaan menggunakan alalisis multygroup, dimana reputasi perusahaan terdiri dari reputasi tinggi dan reputasi rendah. hasil uji menunjukkan bahwa reputasi perusahaan tidak memoderasi hubungan antara profitabilitas dan likuiditas terhadap nilai perusahaan. selanjutnya, reputasi perusahaan memoderasi hubungan antara aktivitas terhadap nilai perusahaan. implikasi teoritis dalam penelitian ini mendukung teori signaling dan teori resource base-view dalam menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan. kata kunci: profitabilitas, likuiditas, aktivitas, nilai perusahaan, reputasi perusahaan
Abstrak Indonesia
This study aimed to analyze the relationship between profitability, liquidity, and activity as determinants of company value, with company reputation serving as a moderator in property and real estate companies in indonesia from 2019 to 2023 the sample selection used purposive sampling, resulting in 52 companies and 260 observations data analysis in this study employed sem-pls using the warppls 8.0 application. the results indicated that profitability and liquidity do not influence company value, while activity has a positive and significant impact on company value. for the moderation test of corporate reputation, multigroup analysis was employed, where corporate reputation was categorized into high and low reputation groups. the test results revealed that corporate reputation did not moderate the relationship between profitability and liquidity in terms of firm value. furthermore, corporate reputation moderated the relationship between activity and firm value the theoretical implications of this study support the signalling theory and the resource-based view theory in explaining the factors that influence firm value. keywords: profitability, liquidity, activity, firm value, firm reputation