UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of PENGARUH TEKNIK SELF-MANAGEMENT TERHADAP KEDISPLINAN BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP FRATER DON BOSCO TARAKAN

PENGARUH TEKNIK SELF-MANAGEMENT TERHADAP KEDISPLINAN BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP FRATER DON BOSCO TARAKAN

Pengarang : Aprina

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2025
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Self-management merupakan suatu teknik pengelolaan perilaku yang bertujuan untuk membantu individu dalam memantau, mengontrol, serta mengevaluasi diri secara sadar dan sistematis guna membentuk kebiasaan positif, meningkatkan efektivitas diri, dan mencapai tujuan secara berkelanjutan. teknik ini berperan penting dalam membangun kesadaran diri dan regulasi diri siswa, khususnya dalam konteks pembelajaran. di sisi lain, disiplin belajar adalah bentuk kepatuhan siswa terhadap aturan serta tanggung jawab pribadi dalam proses pendidikan, mencakup kehadiran tepat waktu, penyelesaian tugas dengan konsisten, partisipasi aktif dalam kegiatan kelas, serta kemampuan mengatur waktu dan perhatian secara mandiri. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik self-management terhadap peningkatan kedisiplinan belajar siswa kelas viii di smp frater don bosco tarakan. hasil observasi awal dan wawancara dengan guru bimbingan dan konseling menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki tingkat kedisiplinan belajar yang rendah, ditandai dengan kebiasaan datang terlambat, kurangnya komitmen terhadap tugas, dan minimnya keterlibatan dalam proses belajar. penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen one-group pretest-posttest. sampel berjumlah 10 siswa yang dipilih melalui teknik purposive sampling berdasarkan kategori kedisiplinan belajar rendah hingga sedang. intervensi dilakukan melalui enam pertemuan: satu kali pretest, empat sesi perlakuan dengan teknik self-management (topik: manajemen waktu, keteraturan, fokus, dan ketertiban), serta satu kali posttest. hasil analisis paired sample t-test menunjukkan nilai signifikansi 0.000 (< 0.05), mengindikasikan adanya pengaruh signifikan. nilai rata-rata pretest sebesar 81,7 meningkat menjadi 113,6 pada posttest. uji n-gain menunjukkan skor 0,5444 (kategori sedang). hasil ini menegaskan bahwa teknik self-management mampu meningkatkan kedisiplinan belajar siswa secara efektif, konsisten, dan dapat diimplementasikan dalam layanan bimbingan kelompok di sekolah. kata kunci : self-management, kedisiplinan belajar, siswa smp

Abstrak Indonesia

Self-management is a behavioural management technique that assists individuals in consciously and systematically monitoring, controlling, and evaluating themselves to cultivate positive habits, enhance self-efficacy, and sustainably achieve goals. this technique plays a crucial role in building students' self-awareness and self-regulation, particularly in the context of learning. concurrently, learning discipline represents students' adherence to rules and personal responsibility within the educational process, encompassing punctuality, consistent task completion, active participation in class activities, and the ability to manage time and attention independently. this study aims to determine the effect of self-management techniques on improving the learning discipline of eighth-grade students at frater don bosco junior high school tarakan. initial observations and interviews with the guidance and counseling teacher indicated that most students exhibited a low level of learning discipline, characterized by habitual lateness, lack of commitment to assignments, and minimal engagement in the learning process. this study employed a quantitative approach with a one-group pretest-posttest experimental design. the sample comprised 10 students selected through purposive sampling based on low to moderate learning discipline categories. the intervention involved six sessions: one pretest, four treatment sessions using self-management techniques (topics: time management, regularity, focus, and orderliness), and one posttest. the paired sample t-test analysis results showed a significance value of 0.000 (< 0.05), indicating a significant influence. the average pretest score of 81.7 increased to 113.6 in the posttest. the n-gain test yielded a score of 0.5444 (categorized as moderate). these findings affirm that self-management techniques can effectively and consistently enhance students' learning discipline and can be implemented in group counselling services at school. keywords : self-management, learning discipline, junior high school students