
Pengembangan Modul Biologi SMA Kelas X Pada Materi Invertebrata Berdasarkan Analisis Struktur Komunitas Gastropoda Di Kawasan Pulau Tundung Kabupaten Bulungan
Pengarang : Suci Rezeki Yanti
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2017Abstrak Indonesia
Gastropoda merupakan salah satu potensi lokal kota kabupaten bulungan yang perlu di perkenalkan dan perlu dikembangkan menjadi bahan ajar. pada kenyataannya, di lapangan guru belum ada yang memanfaatkan potensi lokal untuk digunakan sebagai bahan ajar dalam proses belajar mengajar, yang ada hanya sumber dalam proses pembelajaran. untuk itu bahan ajar/ modul ini sangat diperlukan sebagai inovasi baru untuk penunjang keberhasilan siswa dalam memahami isi materi pembelajaran. berdasarkan hasil wawancara guru mata pelajaran biologi yang ada di sma negeri 1 tanjung palas, belum ada guru yang mengunakan bahan ajar modul berbasis potensi lokal dalam proses belajar mengajar, di kabupaten bulungan ini sangat kaya dengan potensi lokalnya yang dapat di kembangkan menjadi bahan ajar yang lebih menarik. hasil penelitian di mangrove pulau tundung kabupaten bulungan menunjukkan bahwa jenis gastropoda yang ditemukan ada 1239 individu, terdiri dari 15 jenis, berdasarkan nilai indeks ekologi, indeks keanekaragaman (h’) nilai indeks rata-rata 0.050 dengan indeks keanekaragaman rendah, sedangkan indeks dominansi menunjukkan nilai 0.615 pada spesies volema myristica dengan kriteria sedang dan kelimpahan yaitu spesies volema myristica dengan nilai 73.41% kriteria sedang. bahan ajar modul pada submateri hewan invertebrata berjudul struktur komunitas gastropoda untuk sma/ma kelas x dan analisis validasi media pembelajaran interaktif oleh ahli media, materi, dan respon siswa dan guru dengan rata-rata presentase sebesar 90% , 77 %, 88% dan 88% dengan kriteria sangat layak dan layak
Abstrak Indonesia
Gastropoda is one of the local potential in the bulungan that needs to be introduced and development to be subject or teaching material. in the fact, the teachers still not utilize the local potential for use as teaching material in teaching process in the field, that there is only the source in lerning process. so that’s the teaching material or module is very needed as the new innovation for supporting the students success in understand the content of lerning material. based on the results of the teacher interviews in biology subject in sma negeri 1 tanjung palas, no one of the teacher that use this teaching material based on local potential that can develop be the interesting teaching material. the result of the research in the mangrove tundung island bulungan, showed that kinds of gastropoda that found there 1239 individual, includes 15 kinds based on ecological index value, diversity index (h’), the average value of index 0.050 with low diversity index, while dominance index showed 0.615 in species of volema myristica with medium criteria and abudance that is the species of volema myristica with value 78.41% with medium criteria. the module teaching material in submateri invertebrata animal with title the community structure of gastropoda for sma/ma at tenth grade students and validation analysis of interactive learning media by media experts, material, and students respond an teacher with the average percentage 90%, 77%, 88% and 88% with a very viable and feasible criteria.