UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of IMPLIKASI E-COMMERCE DAN SISTEM PEMBAYARAN DIGITAL PADA PERILAKU MAHASISWI UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN

IMPLIKASI E-COMMERCE DAN SISTEM PEMBAYARAN DIGITAL PADA PERILAKU MAHASISWI UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN

Pengarang : Andi Fatimah Az-Zahra

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2025
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Dalam bidang perekonomian, belanja memegang peranan penting terhadap total belanja sehingga mendorong ekspansi ekonomi. belanja online pada e-commerce semakin populer di era digital karena kemudahan dari e-commerce tersebut. e-wallet adalah opsi pembayaran paling populer di kalangan mahasiswi sebagai pengguna e-commerce. penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh e-commerce dan sistem pembayaran digital khususnya pada electronic wallet terhadap perilaku konsumsi mahasiswi di universitas borneo tarakan. pada penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode technology acceptance model (tam) dengan mengumpulkan data menggunakan kuesioner. metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan non-probability sampling dengan teknik pengumpulan sampel menggunakan cluster sampling. sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswi di universitas borneo tarakan yang menggunakan electronic wallet saat berbelanja online di platform e-commerce dengan jumlah sampel sebanyak 192 responden. metode analisis yang digunakan adalah partial least square (pls 4.0). hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel e-commerce dan sistem pembayaran digital (e-wallet) berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumsi mahasiswi universitas borneo tarakan. kata kunci : e-commerce, e-wallet, perilaku konsumsi mahasiswi universitas borneo tarakan

Abstrak Indonesia

In the economic field, shopping plays an important role in total spending, thus driving economic expansion. online shopping on e-commerce is increasingly popular in the digital era because of the convenience of e-commerce, e-wallet is the most popular payment option among female students as e-commerce users this study was aimed to examine the influence of e-commerce and digital payment systems, especially electronic wallets, on the consumption behaviour of female students at universitas borneo tarakan. this study employed quantitative research with the technology acceptance model (tam) method by collecting data through questionnaires. the sampling method used in this study was non-probability sampling with a sample collection technique through cluster sampling. the samples in this study were female students at universitas borneo tarakan who used electronic wallets when shopping online on the e-commerce platform with a sample size of 192 respondents. the analysis method used was partial least square (pls 4.0). the results of this study indicated that the variables e-commerce and digital payment systems (e-wallet) had a positive and significant effect on the consumption behaviour of female students at universitas borneo tarakan. keywords: e-commerce, e-wallet, consumption behavior of female students of universitas borneo tarakan