UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Modul Berbasis Pendekatan Saintifik Sebagai Bahan Ajar Biologi Pada Materi Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan-Hewan Untuk Siswa Kelas XI SMA/MA

Pengembangan Modul Berbasis Pendekatan Saintifik Sebagai Bahan Ajar Biologi Pada Materi Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan-Hewan Untuk Siswa Kelas XI SMA/MA

Pengarang : Roslina

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2017
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul berbasis pendekatan saintifik sebagai bahan ajar biologi pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan-hewan untuk siswa kelas xi sma/ma yang berkualitas dari segi kelayakan dan respon siswa. penelitian ini merupakan penelitian research and development (r&d) dengan menggunakan model pengembangan 4d yang terdiri dari 4 tahap yaitu tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan dan tahap penyebaran. akan tetapi, pada prosedur penelitian dan pengembangan ini, tahap penyebaran tidak dilakukan karena keterbatasan peneliti. data penelitian dianalisis melalui uji kelayakan dan respon siswa. pengujian dilakukan oleh validator ahli media, ahli materi dan satu ahli praktisi (guru biologi). uji coba lapangan dilakukan di madrasah aliyah negeri tarakan pada kelas xii mia 1 sebanyak 36 siswa. hasil penelitian yang diperoleh dari modul berbasis pendekatan saintifik yaitu, ahli media 96% dengan kriteria sangat layak, ahli materi 93% dengan kriteria sangat layak, ahli praktisi 86% dengan kriteria sangat layak dan respon siswa 82% dengan kriteria sangat menarik. berdasarkan penilaian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa modul berbasis pendekatan saintifik yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kualitas bahan ajar yang baik dan layak digunakan dalam pembelajaran biologi di sekolah.

Abstrak Indonesia

This research was aims to produce a scientific approach based on module as subject matter biology on the material structure and function plant-animal tissue for senior high school/madrasah aliyah xi grade student qualified from advisability aspect and students response. this research is a research and development (r & d) with used 4d development model consisting of 4 stages there are definition stage, design stage, development stage and dissemination stage. but, in the research procedure and development, the dissemination stage is not done because the limitations of the research. the research data was analyzed through advisability test and students response. testing was done by media expert validator, material expert and one practitioner (biology teacher). field trials was conducted at madrasah aliyah negeri tarakan at xii grade mia 1 of 36 students. the research result obtained from scientific approach based on module that is media expert 96% with very reasonable criteria, material expert 93% with very reasonable criteria, practitioner 86% with very reasonable criteria and students response 82% with very interesting criteria. based on these assessment, it can be concluded that the scientific approach based on module developed has met the criteria of good quality teaching material and suitable for use in biology learning in school.