
Pengaruh Profitabilitas Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Dividen Payout Ratio Dengan Kepemilikan Manajerial Sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus Perusahaan LQ45 Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2019-2023)
Pengarang : Ratih Suci Mulani
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2025Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas dan pertumbuhan penjualan terhadap dividen payout ratio dengan kepemilikan manajerial sebagai variabel moderasi pada perusahaan lq45 yang terdaftar di bursa efek indonesia (bei) periode 2019 – 2023. penelitian sampel menggunakan metode purposive sampling yang diperoleh sebanyak 29 perusahaan sehingga mendapatkan 145 observasi dalam penelitian ini. metode analisis menggunakan regresi data panel dengan aplikasi eviews 12. berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap dividen payout ratio, pertumbuhan penjualan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap dividen payout ratio, kepemilikan manajerial tidak mampu memoderasi pengaruh profitabilitas terhadap dividen payout ratio, dan kepemilikan manajerial tidak mampu memoderasi pengaruh pertumbuhan penjualan terhadap dividen payout ratio. kata kunci: profitabilitas, pertumbuhan penjualan, dividen payout ratio dan kepemilikan manajerial
Abstrak Indonesia
This study was to know the effect of profitability and sales growth on the dividend payout ratio, with managerial ownership as a moderating variable, in lq45 companies listed on the indonesia stock exchange (idx) during the 2019-2023 period. the sample was selected using purposive sampling, resulting in 29 companies with a total of 145 observations. panel data regression analysis was employed using eviews 12 software. the results indicated that profitability had a positive and significant effect on the dividend payout ratio, while sales growth had a negative but insignificant effect. furthermore, managerial ownership did not moderate the relationship between profitability and the dividend payout ratio, nor did it moderate the relationship between sales growth and the diviend payout ratio. keywords: profitability, sales growth, dividend payout ratio, managerial ownership