
Kinerja Perusahaan Umum Daerah Tarakan Media Telekomunikasi Berdasarkan Balanced Scorecard
Pengarang : Nurul Adillah
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2025Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk melihat kinerja perumda tarakan media telekomunikasi menggunakan metode balanced scorecard. metode balanced scorecard mengukur kinerja perusahaan dari sisi keuangan dan sisi non- keuangan perusahaan. metode balanced scorecard memiliki 4 (empat) perspektif dalam mengukur kinerja perusahaan yakni perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan data sekunder dan data primer. hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja perumda tarakan media telekomunikasi diukur menggunakan balanced scorecard pada perspektif keuangan menunjukkan kinerja yang buruk karena roa dan roe jauh dibawah standar, perspektif pelanggan menunjukkan hasil yang memuaskan karena tingkat kepuasan pelanggan baik, perspektif proses bisnis internal menunjukkan kinerja yang kurang efektif, dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran menunjukkan kinerja yang kurang baik karena produktivitas karyawan mengalami fluktuasi. kata kunci : kinerja perusahaan, balanced scorecard, media telekomunikaas
Abstrak Indonesia
This study aimed to see the performance of tarakan regional public companies of media telecommunications using the balanced scorecard method. the balanced scorecard method measures company performance from the financial and non- financial side of the company. the balanced scorecard method has 4 (four) perspectives in measuring company performance: the financial perspective, customer perspective, internal business process perspective, and learning and growth perspective. the method used in this study was descriptive quantitative, using secondary and primary data. the study results show that the performance of tarakan regional public companies of media telecommunications is measured using a balanced scorecard the financial perspective showed poor performance because roi and roe are far below standards, and the customer perspective showed satisfactory results because the level of customer satisfaction is good, the internal business process perspective showed less effective performance, and the growth and learning perspective showed poor performance because employee productivity fluctuates. keywords: company performance, balanced scorecard, telecommunications media