UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Performa Motor Listrik Konversi Menggunakan Gear Set Pulley Komersial

Analisis Performa Motor Listrik Konversi Menggunakan Gear Set Pulley Komersial

Pengarang : Sholahuddin Hanif

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2025
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Kendaraan listrik saat ini telah banyak digunakan di masyarakat indonesia. namun, dengan harga kendaraan listrik yang masih mahal, maka cara alternatifnya adalah dengan mengkonversi kendaraan motor bakar menjadi kendaraan listrik atau biasa disebut kendaraan listrik konversi. dalam kendaraan listrik konversi, sistem transmisi daya menjadi hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan. penelitian ini bertujuan untuk menganalisis performa sistem transmisi motor listrik konversi menggunakan gear set pulley komersial yang dibandingkan dengan sistem transmisi statis pada kendaraan listrik konversi. metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pengujian eksperimental kuantitatif dengan cara menguji kendaraan listrik konversi pada kondisi tanpa beban dan dengan beban dengan variasi jarak 100 hingga 200 meter. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gear set pulley memiliki performa lebih baik dibandingkan transmisi statis dengan mencapai kecepatan rata-rata 50,8 km/jam pada jarak 100 meter dengan waktu tempuh 10 detik. sementara kecepatan sudut puli 2 mencapai 992,4 rad/s pada bukaan throttle 100%, menunjukkan performa tertinggi dibandingkan transmisi statis. kecepatan sudut puli 1 juga optimal di angka 407 rad/s pada bukaan throttle 100%. dapat disimpulkan bahwa gear set pulley lebih efisien dalam mentransfer tenaga dan meningkatkan kecepatan kendaraan listrik "beatrix". kata kunci: kendaraan listrik konversi, gear set pulley, performa, transmisi

Abstrak Indonesia

In indonesian society nowadays, electric vehicles are widely used. nevertheless, since electric vehicles are still costly, converting combustion motor vehicles into electric vehicles, also known as conversion electric vehicles is another option. the power transmission system is a crucial factor to take into account in conversion electric vehicles. the purpose of this study was to evaluate the performance of the static transmission system in conversion electric vehicles with the conversion electric motor transmission system utilizing a commercial pulley gear set. this study's methodology was quantitative experimental testing, which involved evaluating conversion electric vehicles across a range of 100-200 meters in both load and no-load scenarios. with an average speed of 50.8 km/h at a distance of 100 meters and a travel time of 10 seconds, the study's findings showed that the pulley gear set performed better than static transmission. at 100% throttle opening, pulley 2's angular velocity reached 992.4 rad/s, demonstrating the best performance when compared to a static transmission. at 100% throttle opening, pulley 1's angular velocity of 407 rad/s was likewise ideal. it may be determined that the pulley gear set is more effective at transferring power and accelerating the "beatrix" electric vehicle. keywords: electric vehicle conversion, gear set pulley, performance, transmission