
Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Dengan Metode Active Learning Di SMP Negeri 12 Tarakan
Pengarang : Erfina
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2025Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan berpikir kritis siswa kelas vii smp negeri 12 tarakan pada materi klasifikasi makhluk hidup dengan penerapan metode pembelajaran active learning. keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu kecakapan abad 21 yang penting dikembangkan dalam proses pembelajaran, terutama dalam proses pembelajaran ipa. metode pembelajaran active learning dipilih karena memberikan ruang bagi siswa untuk aktif mengalami, menganalisis, serta menyimpulkan konsep yang dipelajari melalui pengalaman langsung. jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. subjek penelitian ini adalah siswa kelas vii.1 dan vii.2 smp negeri 12 tarakan tahun ajaran 2024/2025. data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan lembar soal uraian yang dirancang untuk mengukur indikator-indikator keterampilan berpikir kritis, antara lain interpretasi, analisis, evaluasi, inferensi, penjelasan dan regulasi diri. hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa berapa pada kategori baik hingga sangat baik, dengan rata-rata persentase ketercapaian indikator sebesar 82,3%. penggunaan metode active learning terbukti efektif dalam meningkatkan partisipasi aktif siswa serta mendukung berkembangnya kemampuan berpikir kritis khususnya dalam memahami materi klasifikasi makhluk hidup. penelitian ini merekomendasikan penerapan metode pembelajaran aktif secara konsisten guna menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan bermakna. kata kunci : berpikir kritis, klasifikasi makhluk hidup, active learning
Abstrak Indonesia
This study aims to analyze the critical thinking skills of seventh-grade students at smp negeri 12 tarakan on living organisms classification topics by implementing the active learning method. critical thinking is one of the essential 21st-century skills that should be nurtured in the learning process, particularly in science education. the active leaming method was chosen because it allows students to be directly involved in experiencing, analyzing, and drawing conclusions about the concepts they study through hands-on learning this research employed a descriptive design with a quantitative approach. the study subjects were students of classes vii.1 and vii.2 at smp negeri 12 tarakan in the 2024/2025 academic year. data collection techniques were through observations, interviews, and open-ended test questions designed to assess various indicators of critical thinking skills, including interpretation, analysis, evaluation, inference, explanation, and self-regulation the findings revealed that students' critical thinking skills fall into the good to very good category, with an average indicator achievement rate of 82.3%. the use of active learning methods has proven effective in increasing students' active participation and supporting the development of critical thinking skills, especially in understanding the material on the classification of living things. this study recommends the application of active learning methods consistently in order to create a fun and meaningful learning atmosphere. keywords: critical thinking, classification of living organisms, active learning