
THE EFFECT OF LEARNING MEDIA OF DUOLINGO APPLICATION IN ENHANCING THE STUDENT ENGLISH VOCABULARY MASTERY AT SEVENTH-GRADE OF SMPN 1 TARAKAN
Pengarang : Nevanda Gusnia Maharani
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2025Abstrak Indonesia
Kosakata memiliki pengaruh besar terhadap kemampuan berbicara, mendengarkan, dan kemampuan kompetensi bahasa lainnya dalam bahasa inggris. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari media pembelajaran aplikasi duolingo dalam meningkatkan penguasaan kosakata siswa kelas vii. metode penelitian yang digunakan adalah metode pra-eksperimen. populasi penelitian ini adalah siswa kelas vii smp negeri 1 tarakan dengan kelas vii.10 sebagai sampel yang terdiri dari 31 siswa. instrumen penelitian yang digunakan adalah pre-test dan post-test. selanjutnya, hasil analisis data yang diperoleh diolah dengan menggunakan program spss versi 30. hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata hasil pre-test adalah 70,81 dan rata-rata hasil post-test adalah 89,84. hal ini menunjukkan peningkatan skor rata-rata sebesar 26,87%, yang menunjukkan bahwa perlakuan dengan menggunakan aplikasi duolingo efektif dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa inggris siswa. nilai p-value yang jauh di bawah ambang batas konvensional 0,05 memberikan bukti kuat terhadap hipotesis nol (h0), yang berarti hipotesis alternatif (ha) diterima dan hipotesis nol (h0) ditolak. dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengajaran kosakata dengan menggunakan aplikasi duolingo terbukti efektif dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa inggris siswa kelas tujuh di smpn 1 tarakan. kata kunci : aplikasi duolingo, penguasaan kosakata, media pembelajaran.
Abstrak Indonesia
Vocabulary has a great effect on speaking, listening, and other language competencies in english. this research aimed to determine the significant effect of learning media of duolingo application in improving the vocabulary mastery of grade vii students. the research method used the pre-experimental method. the population of this research was the seventh-grade students of smp negeri 1 tarakan with class vii.10 as a sample consisting of 31 students. the research instruments used were pre-test and post-test. furthermore, the results of the analysis of the data obtained were processed using the spss program version 30 program. the results of the data analysis showed that the average of pre-test result was 70.81 and the average of post-test result was 89.84. it showed an increase in the average score of 26.87% which means that the treatment using the duolingo application was effective in enhancing students' english vocabulary mastery. a p-value well below the conventional threshold of 0.05, provided strong evidence against the null hypothesis (h0), which meant that the alternative hypothesis (ha) was accepted and the null hypothesis (h0) was rejected. therefore, it could be concluded that teaching vocabulary using duolingo application had proven to be effective in enhancing the english vocabulary mastery of the seventh-grade students at smpn 1 tarakan. keyword : duolingo application, vocabulary mastery, learning media.