UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of PENGARUH KEPERCAYAAN MEREK, NILAI YANG DIRASAKAN, TERHADAP PREFERENSI MEREK DAN NIAT BELI IPHONE (STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN)

PENGARUH KEPERCAYAAN MEREK, NILAI YANG DIRASAKAN, TERHADAP PREFERENSI MEREK DAN NIAT BELI IPHONE (STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN)

Pengarang : Maria Theresa

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2025
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepercayaan merek, nilai yang dirasakan, terhadap preferensi merek dan niat beli iphone. penelitian ini menggunakan metode survei penelitian kuantitatif dan data yang dikumpulkan berupa kuesioner. metode pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling. sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa univeristas borneo tarakan yang pernah mencari informasi tentang iphone dan bukan pengguna smartphone iphone dan jumlah sampel sebanyak 280 responden. teknik analisis yang digunakan adalah sem (structural equation modeling) yang di operasionalkan menggunakan software spss versi 26 dan lisrel versi 8.80. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepercayaan merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap preferensi merek dan niat beli, nilai yang dirasakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap preferensi merek, preferensi merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli, sedangkan nilai yang dirasakan berpengaruh positif tapi tidak signifikan terhadap niat beli. kata kunci: kepercayaan merek, nilai yang dirasakan, preferensi merek, niat beli

Abstrak Indonesia

This study aimed to examine the influence of brand trust and perceived value on brand preference and iphone purchase intentions. this study uses a quantitative research survey method, and the data collected is gathered through questionnaires. the sampling method used is nonprobability sampling with a purposive sampling technique. the sample in this study were students at borneo tarakan university who had searched for information about iphones and were not users of iphone smartphones and the sample size was 280 respondents. the analysis technique used is sem (structural equation modeling), which is operationalized using software spss version 26 and lisrel version 8.80. the study results showed that brand trust has a positive and significant effect on brand preference and purchase intention, perceived value has a positive and significant effect on brand preference, brand preference has a positive and significant effect on purchase intention, while perceived value has no positive and insignificant effect on purchase intention. keywords: brand trust, perceived value, brand preference, purchase intention