UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Efektivitas Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tarakan

Efektivitas Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tarakan

Pengarang : Luluk Nirwana

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2025
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa setelah menggunakan model pembelajaran group investigation (gi) beserta efektivitasnya. jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian yang digunakan yaitu pre-eksperimental (one group pretest-posttest design). desain penelitian one group pretest-posttest adalah penelitian eksperimen yang dilaksanakan pada satu kelompok saja, yang diukur dengan pretest dan posttest pada subjek yang akan diteliti. subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas viii-d yang berjumlah 30 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. hasil penelitian menunjukkan rata-rata kemampuan awal siswa adalah 49. nilai rata-rata kemampuan awal siswa tersebut mengalami peningkatan menjadi 76 setelah penerapan model pembelajaran gi. hasil perhitungan uji paired sample t-test menunjukkan bahwa t_hitung= 17,117 > t_tabel= 1,699 yang berarti terdapat pengaruh model pembelajaran gi terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. selanjutnya, tingkat efektivitas model pembelajaran gi dilihat dari hasil rata-rata n-gain sebesar 0,58 yang masuk pada klasifikasi sedang. nilai tersebut kemudian diinterpretasikan menjadi 58% yang menunjukkan cukup efektif. sehingga dapat dikatakan bahwa telah mencapai minimal ketuntasan yang diharapkan dalam penelitian. dengan demikian disimpulkan bahwa model pembelajaran group investigation (gi) “cukup efektif” terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas viii smp negeri 2 tarakan. model pembelajaran group investigation (gi) dapat digunakan sebagai alternatif model pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan komunikasi matematis siswa menjadi lebih baik. kata kunci: model pembelajaran, group investigation, kemampuan komunikasi matematis

Abstrak Indonesia

This research aimed to determine the average mathematical communication skills of students after using the group investigation (gi) learning model and its effectiveness. this type of research was quantitative with the research design used, including pre-experimental (one group pretest-posttest design). the research used only one group, which was measured by pretest and posttest on the research sample. the sample in this research was 30 students in class viii-d taken by using simple random sampling. the results of the research showed that the average initial ability of students was 49. the average initial ability score of these students increased to 76 after implementing the gi learning model. test calculation results paired sample t-test showed that t_count= 17,117 > t_table= 1.699, which means that there was an influence of the gi learning model on improving students’ mathematical communication skills. next, the level of effectiveness of the gi learning model was seen from the average results n-gain of 0.58 including in the medium classification. this value was the interpreted as 58%, which showed it was quite effective. it means that the minimum completeness expected in the research had been achieved. thus, it can be concluded that the group investigation learning model was effective on teh mathematical communication skills of class viii students at smp negeri 2 tarakan. the group investigation learning model can be used as an alternative learning model to develop students’ mathematical communication skills. keywords: learning model, group investigation, mathematical communication skills