UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Terapi Menulis Ekspresif Terhadap Kecemasan Korban Bullying Di SMK Kesehatan Kaltara Tarakan

Pengaruh Terapi Menulis Ekspresif Terhadap Kecemasan Korban Bullying Di SMK Kesehatan Kaltara Tarakan

Pengarang : Faniola Ika Nur Putri

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2025
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Masa remaja adalah proses terjadinya pencarian jati diri seseorang, pada masa itu interaksi sering dilakukan di lingkungan rumah maupun sekolah. namun, di sekolah sering terjadi perbuatan bullying yang berupa tindakan kekerasan fisik maupun verbal. akibatnya korban merasakan kecemasan yang akan berlanjut hingga masa dewasa sehingga menyebabkan penurunan terhadap kualitas hidup. maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada pengaruh dari metode terapi menulis ekspresif terhadap kecemasan korban bullying di smk kesehatan kaltara kota tarakan. jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode pre-experiment design dengan jenis one-group pretest-postest design. populasi dalam penelitian ini berasal dari jurusal farmasi sebanyak 22 siswa dan jurusan keperawatan sebanyak 35 siswa total keseluruhan berjumlah 57 siswa. pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 5 siswa. instrumen penelitian ini menggunakan skala likert untuk mengukur kecemasan korban bullying. teknik analisis data dalam hasil penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif dan inferensial dengan uji wilcoxon, diperoleh asym sig sebesar 0.043 dengan taraf signifikansi (a) sebesar 5% (0,05). sehingga dapat diartikan asym sig < a atau 0.043 < 0,5 sehingga menunjukkan bahwa ha diterima dengan hipotesis terdapat adanya pengaruh terapi menulis ekspresif untuk mengurangi kecemasan korban bullying di smk kesehatan kaltara tarakan. kata kunci: terapi menulis ekspresif, bullying, kecemasan, konseling kelompok

Abstrak Indonesia

Adolescence is a time of self-discovery. during this time, interactions often take place at home and at school. at school, however, bullying often takes the form of physical or verbal violence. as a result, victims experience anxiety that continues into adulthood and leads to a decrease in quality of life. the purpose of the research was to determine the effect of expressive writing therapy method on the anxiety of bullying victims at smk kesehatan kaltara tarakan city. the type of research used was a quantitative approach with the method of pre-expe hental design with the type of one-group pretest-posttest design. the population of the research was the pharmacy department as many as 22 students and the nursing department as many as 35 students. there was a total of 57 students. sampling technique used was purposive sampling technique. there was a total of 5 students. the research instrument used a likert scale to measure the anxiety of bullying victims. data analysis techniques in the results of the research were descriptive and inferential analysis techniques using the wilcoxon test. obtained asym sig of 0.043 with a significance level (a) of 5% (0.05). so, it can be interpreted asym sig < a or 0.043 < 0.5. it showed that ha is accepted. it concluded that there is an effect of expressive writing therapy to reduce the anxiety of victims of bullying at smk kesehatan kaltara tarakan. keywords: expressive writing therapy, bullying. anxiety, group counseling