UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat Di Kelas IX-3 SMP Negeri 1 Tarakan Berdasarkan Tahapan Kastolan

Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat Di Kelas IX-3 SMP Negeri 1 Tarakan Berdasarkan Tahapan Kastolan

Pengarang : Puji Masfiroh

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2025
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal persamaan kuadrat berdasarkan tahapan kastolan, mengetahui faktor-faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal persamaan kuadrat. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan observasi, wawancara mendalam, dokumentasi. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mengalami kesalahan konseptual, kesalahan prosedural, dan kesalahan teknik. adapun faktor-faktor penyebab yaitu siswa kurang memahami konsep, siswa hanya menghafal rumus, siswa jarang mengulang kembali materi, siswa hanya belajar pada waktu tertentu, siswa kurang memahami langkah-langkah penyelesaian, siswa kurang latihan penyelesaian soal, siswa terbiasa tidak menyelesaikan soal hingga akhir, siswa kurang teliti, kebiasaan terburu-buru dan tidak memeriksa kembali jawaban akhir, lemahnya pemahaman dasar atau keterampilan operasi hitung. kata kunci: kesalahan siswa, teori kastolan, faktor penyebab

Abstrak Indonesia

This study aims to describe the errors made by students in solving quadratic equation problems based on kastolan's stages and to identify the factors contributing to these errors. this research employs a qualitative approach. data collection techniques used in this study include observation, in-depth interviews, and documentation. the results revealed that students made conceptual, procedural, and technical errors. the contributing factors included a lack of understanding of the concepts, reliance on memorizing formulas, infrequent review of the material, studying only at specific times, inadequate comprehension of the problem-solving steps, insufficient practice in solving problems, a habit of not completing issues to the end, lack of attention to detail, a tendency to rush and not recheck final answers, as well as weak foundational understanding or arithmetic skills. keywords: student errors, kastolan's theory, contributing factors