UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Deskripsi Kemampuan Guru SD Dalam Pengelolaan Kelas Pada Pembelajaran Matematika Di SDN 031 Simpang Amal

Deskripsi Kemampuan Guru SD Dalam Pengelolaan Kelas Pada Pembelajaran Matematika Di SDN 031 Simpang Amal

Pengarang : Desy Natalia

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2025
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Pengelolaan kelas guru merupakan salah satu faktor eksternal penentu hasil belajar siswa oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pentingnya pengelolaan kelas guru pada pembelajaran matematika dengan berbagai upaya yang telah dilakukan guru dalam mengelola kelas dengan baik. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian guru. teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan doumentasi. analisis data interaktif menggunakan miles dan huberman. berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan permasalahan yang sering muncul dala pembelajaran matematika adalah kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran matematika salah satu penyebab utamanya adalah kuirangnya interaksi dalam lingkungan kelas dan pengelolaan kelas guru. namun guru telah mengupayakan pengelolaan kelas yang baik bagi siswa agar pembelajaran dapat berjalan dengan efektif. guru juga telah berhasil memberikan motivasi pada siswa untuk aktif mengikuti pembelajaran, guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang menstimulus siswa untuk berpikir dan guru juga telah memberikan penguatan positif terhadap keaktifan siswa. seperti dalam menerapkan prinsip-prinsip pengelolaan kelas seperti keterampilan guru dalam penyampaian materi dan menciptakan suasana belajar yang efektif sedangkan pada tahap merancang lingkungan fisik kelas, guru melakukan pengaturan tempat duduk siswa dengan membagi siswa menajdi bebrapa kelompok dan melakukan pengaturan media pembelajaran yaitu guru menyediakan power point bagi siswa yang tidak memiliki buku. guru sudah mampu menciptakan iklim yang positif untuk pembelajaran dengan menerapkan strategi akan tetapi melihat kondisi siswa terlebih dahulu apakah efektif diterapkan atau tidak. guru juga dapat menjadi komunikator yang baik bagi siswa dengan memiliki karakter guru itu sendiri contohnya menggunkan suara yang nyaring saat melakukan proses pembelajaran bersama siswa. kata kunci: pengelolaan kelas, guru, pembelajaran matematika

Abstrak Indonesia

In classroom management, the teacher plays a crucial role as an external factor influencing student learning outcomes. this study aims to describe the significance of classroom management in mathematics instruction and the various efforts that the teacher have made to manage their classrooms effectively. a qualitative approach was employed, with teachers as the research subjects. data were collected through observations, interviews, and documentation. the interactive data analysis method by miles and huberman was used to analyze the findings. the study revealed that a common issue in mathematics instruction is students' lack of interest, primarily due to limited classroom interaction and ineffective classroom management. the teacher had tried to create a well-managed learning environment to ensure effective instruction. they had successfully motivated students to engage actively in learning by posing stimulating questions and providing positive reinforcement. teachers also applied key classroom management principles, such as mastering instructional delivery and fostering a conducive learning atmosphere. in designing the physical classroom environment, the teacher arranged student seating into small groups and organized instructional media, such as powerpoint presentations for students without textbooks. they have successfully created a positive learning climate by implementing strategies tailored to students' needs. additionally, the teacher demonstrated effective communication skills by setting an example, such as using a clear and audible voice during lessons. keywords: classroom management, teachers, mathematics instruction