UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan LKPD Berbasis Literasi Sains Pada Materi Sistem Gerak Manusia Kelas XI IPA SMA  Swasta Frater Don Bosco Tarakan

Pengembangan LKPD Berbasis Literasi Sains Pada Materi Sistem Gerak Manusia Kelas XI IPA SMA Swasta Frater Don Bosco Tarakan

Pengarang : Maya Oktarifa

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2025
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik (lkpd) berbasis literasi sains pada materi sistem gerak yang bersifat layak dan menarik berdasarkan penilaian para ahli, praktisi pendidik serta respon ketertarikan peserta didik terhadap lembar kerja peserta didik (lkpd) berbasis literasi sains. jenis penelitian ini adalah research and development (r&d) dengan desain model pengembangan 4-d (define, design, development, disseminate), namun pada penelitian ini dibatasi hanya pada tahap development. analisis data menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. subjek uji coba dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas xi ipa smas frater don bosco tarakan yang berjumlah 30 peserta didik dan pendidik sebagai praktisi. kelayakan lembar kerja peserta didik (lkpd) dinilai berdasarkan hasil validasi ahli materi, ahli bahasa dan ahli media yang memperoleh nilai dengan kategori “sangat layak”. praktisi pendidik memperoleh nilai dengan kategori “sangat praktis”. respon kemenarikan peserta didik diperoleh dari rata-rata penilaian respon peserta didik uji skala besar yang memperoleh nilai dengan kategori “sangat menarik”. berdasarkan hasil dari nilai yang diperoleh lembar kerja peserta didik (lkpd) berbasis literasi sains pada materi sistem gerak manusia disimpulkan layak untuk digunakan sebagai media ajar dalam proses pembelajaran. kata kunci: lembar kerja peserta didik (lkpd), literasi sains, sistem gerak manusia.

Abstrak Indonesia

This study aims to develop student worksheet (lkpd) based on science literacy for the human motion system material deemed feasible and engaging basen on assessments from experts, education practitioners and student interst responses towards the lkpd. this research employs a research and development (r&d) approach with a 4-d development model (define, design, development and dissaminate), but this study is limited to the development stage. data analysis utilized both qualitative and quantitative descriptive approaches. the trial subjects in this study were 30 students from class xi science at sma swasta frater don bosco tarakan, along with educators as practitioners. the feasibility of the lkpd was assessed based on validation result from subject matter experts, language experts and media experts, all of whom rated it as “very feasible”. educational practtioners rated it as “very practical”. student interest responses were abtained from the average assessment of student responses in a large- scale trial, which received a rating of “very intersting”. based on the results, the lkpd based on science literacy for the human motion system material is suitable for use as a teaching medium in the learning process. keywords: student worksheet (lkpd), science literacy, human motion system.