
ENGLISH LEARNING ACTIVITIES IN THE MERDEKA CURRICULUM FOR 7th GRADE STUDENTS AT SMP NEGERI 3 TANJUNG PALAS
Pengarang : Angelina Octavia Daud
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2025Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran bahasa inggris untuk siswa kelas 7 di smp negeri 3 tanjung palas. desain penelitian menggunakan kualitatif deskriptif, dengan metode pengumpulan data melalui analisis dokumen, observasi, dan wawancara. partisipan dalam penelitian ini adalah guru bahasa inggris dan 24 siswa kelas 7a. hasil penelitian menunjukkan bahwa guru cukup fleksibel dalam mengatur waktu dan memastikan tujuan pembelajaran tercapai, meskipun ada keterbatasan waktu dan kurangnya komunikasi eksplisit tentang tujuan pembelajaran, yang dapat mempengaruhi pemahaman siswa. guru secara konsisten mendorong siswa untuk mengikuti kesepakatan kelas dan berpartisipasi aktif dalam pembelajaran, yang menunjukkan perhatian terhadap disiplin dan kebiasaan belajar siswa. temuan-temuan ini menunjukkan bahwa, terlepas dari tantangan-tantangan tersebut, implementasi kurikulum merdeka di kelas bahasa inggris kelas 7a memiliki dampak positif terhadap pembelajaran siswa dan kemampuan guru untuk beradaptasi dengan kurikulum baru. kata kunci: kegiatan pembelajaran bahasa inggris, kurikulum merdeka
Abstrak Indonesia
The purpose of this study was to investigate how the merdeka curriculum was implemented to teach english for seventh-grade students at smp negeri 3 tanjung palas. descriptive qualitative research methodology was employed, and document analysis, observation, and interviews were used to gather data. twenty-four students from seventh-grade and the english teacher participated in this study. despite time constraints and a lack of clear communication about learning objectives, which could impact student understanding, the results demonstrated that teachers were quite flexible in managing their time and making sure learning objectives were met. in order to demonstrate concern for their students’ behaviour and study habits, teachers constantly urged them to participate fully in class discussions and adhered to the rules. these results showed that, in spite of these difficulties, the merdeka curriculum’s introduction in grade 7a english classes improved student learning and instructors’ capacity to adjust to the new curriculum. keywords: english learning activitie, merdeka curriculum