UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of THE EFFECT OF DIGITAL LEARNING MATERIAL ON STUDENTS' VOCABULARY MASTERY AT 8TH GRADE STUDENTS OF SMPN 5 TARAKAN

THE EFFECT OF DIGITAL LEARNING MATERIAL ON STUDENTS' VOCABULARY MASTERY AT 8TH GRADE STUDENTS OF SMPN 5 TARAKAN

Pengarang : Rafika Safitri

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2025
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan media pembelajaran digital terhadap penguasaan kosakata siswa kelas viii di smpn 5 tarakan. selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menilai pengaruh signifikan media pembelajaran berbasis kertas terhadap penguasaan kosakata pada siswa di tingkat kelas yang sama. penelitian ini juga membandingkan perbedaan pengaruh signifikan antara media pembelajaran digital dan media pembelajaran berbasis kertas dalam meningkatkan penguasaan kosakata siswa. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain eksperimen semu dengan kelompok kontrol non ekuivalen. sampel penelitian terdiri dari siswa kelas viii-c sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas viii-b sebagai kelompok kontrol, yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. instrumen penelitian yang digunakan berupa pre-test dan post-test, dengan data dianalisis menggunakan uji-t dua sampel independen. sebagai hasilnya, kelompok eksperimen yang menggunakan materi digital mengalami peningkatan signifikan dalam skor kosakata mereka dari 59.07 menjadi 85.72, sementara kelompok kontrol yang menggunakan materi berbasis kertas hanya menunjukkan peningkatan kecil, dengan skor meningkat dari 63.73 menjadi 69.20. uji statistik non-parametrik, khususnya uji mann-whitney u, mengonfirmasi hasil tersebut yang menunjukkan bahwa nilai p lebih rendah dari 0.05 (p < 0.05). data tersebut menunjukkan bahwa hipotesis nol (h₀) ditolak sedangkan hipotesis alternatif (hₐ) diterima. oleh karena itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran digital secara signifikan meningkatkan penguasaan kosakata siswa dibandingkan dengan media pembelajaran berbasis kertas, mengindikasikan bahwa media pembelajaran digital berpengaruh terhadap penguasaan kosakata siswa. kata kunci: media pembelajaran digital, media pembelajaran berbasis kertas, penguasaan kosakata siswa

Abstrak Indonesia

This study aimed to determine the significant effect of digital learning media on the vocabulary mastery of grade viii students at smpn 5 tarakan. in addition, this study also aimed to assess the significant effect of paper-based learning media on vocabulary mastery in students at the same grade level. this study also compared the difference in significant effect between digital learning media and paper-based learning media in improving the student vocabulary mastery. the method used in this study was a pre-experimental design with a non-equivalent control group. the research sample consisted of students in class viii-c as the experimental group and students in class viii-b as the control group, which was selected using the purposive sampling technique. the research instruments were in the form of pre-test and post-test, with the data analyzed using a t-test of two independent samples. as a result, the experimental group that used the digital material experienced a significant improvement in their vocabulary score from 59.07 to 85.72, while the control group that used the paper-based material showed only a small improvement, with the score increasing from 63.73 to 69.20. non-parametric statistical tests, specifically the mann-whitney u test, confirmed the results showing that the p score was lower than 0.05 (p < 0.05). the data showed that the null hypothesis (ho) was rejected, while the alternative hypothesis (h₂) was accepted. therefore, the results of the study showed that the use of digital learning media significantly increased the student vocabulary mastery compared to paper-based learning media, which indicates that the digital learning media has an effect on student vocabulary mastery. keywords: digital learning media, paper-based learning media, student vocabulary mastery