
ANALISIS KINERJA JALAN K.H. DEWANTARA MENGGUNAKAN METODE GREENSHIELD, GREENBERG DAN UNDERWOOD
Pengarang : Juanita Elvianti
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2025Abstrak Indonesia
Jalan k.h. dewantara kota tarakan termasuk dalam kelas jalan lokal dengan tipe 2/2 tt yang terletak di daerah pusat perbelanjaan perkotaan dan sekolah yang menyebabkan volume lalu lintas semakin besar sehingga mengakibatkan kinerja ruas jalan menjadi berkurang, hal ini disebabkan karena kepadatan lalu lintas yang terjadi khususnya disepanjang area sekolah. dalam penelitian ini, dianalisa hubungan antara ketiga komponen utama arus lalu lintas yakni volume (v), kecepatan (s) dan kepadatan (d) dalam tiga metode yaitu model greenshield, model greenberg dan model underwood. dari hasil penelitian dan analisa didapatkan kinerja pada ruas jalan k.h. dewantara adalah dengan volume lalu lintas tertinggi sebesar 897.9 smp/jam yang terjadi pada hari rabu pukul 07:00 – 08:00 wita, kecepatan lalu lintas terendah sebesar 23.45 km/jam yang terjadi pada hari rabu pukul 13:00 – 14:00 wita, kepadatan lalu lintas tertinggi sebesar 33.87 smp/km terjadi pada hari senin pukul 16:00 – 17:00 wita, derajat kejenuhan lalu lintas tertinggi sebesar 0.339 yang terjadi pada hari rabu pukul 07:00 – 08:00 wita. berdasarkan hasil penelitian dan perhitungan didapatkan hari dengan volume puncah yaitu hari rabu dan model yang paling sesuai untuk ruas jalan k.h. dewantara adalah model greenshield dengan r2 = 0.4433, dan dengan persamaan s = 30.4323 – 0.1530 d, v = 30.4323 d – 0.1530 d2, v = 198.775 s – 6.5317 s2. kata kunci : greenshield, greenberg¸underwood, kinerja jalan
Abstrak Indonesia
The road of k.h.dewantara in tarakan city is classified as a local road of type 2/2 tt, located within an urban shopping center and school area. this location results in increased traffic volume, which in turn leads to a reduction in the performance of the road section. this is attributed to the high traffic density, particularly in the vicinity of the school. in this research, the relationship between the three primary components of traffic flow namely volume (v), speed (s) and density (d) was analyzed by using three methods: greenshield model, greenberg model and underwood model. the results of the research showed that the performance on the road of k.h.dewantara was with the highest traffic volume of 897.9 smp / hour which occurred on wednesday at 07:00 - 08:00 wita, the lowest traffic speed of 23.45 km / hour which occurred on wednesday at 13:00 - 14:00 wita, the highest traffic density of 33.87 smp/hour occurred on monday at 16:00 - 17:00 wita, the highest degree of traffic saturation of 0.339 which occurred on wednesday at 07:00 - 08:00 wita. the results showed that the day with the peak volume is wednesday the greenshield model, with r2 = 0.4433, is the most suitable model for the road of k.h.dewantara. the equation for this model is s = 30.4323 - 0.1530 d, v = 30.4323 d- 0.1530 d?, v = 198.775 s- 6.5317 s2 keywords: greenshield, greenberg, underwood, road performance