
Pengaruh Country Of Origin Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Di Universitas Borneo Tarakan (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Borneo Tarakan)
Pengarang : Yugi Pratama
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2017Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: country of origin dan brand image terhadap keputusan pembelian smartphone di universitas borneo tarakan (studi kasus pada mahasiswa universitas borneo tarakan) dimana diajukan dua variabel bebas dan satu variabel terikat, yaitu country of origin dan brand image berperan sebagai variabel bebas dan keputusan pembelian sebagai variabel terikat. metode sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling dengan teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan purposive sampling. data diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner dengan jumlah kuesioner 100 buah kuesioner. metode analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. pengujian statistik dalam penelitian ini menggunakan uji t. hasil penelitian ini adalah dalam pengujian secara parsial variabel country of origin tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian.varibel country of origin t hitung = -1.230 < t tabel = 1,661, t hitung lebih rendah dari t tabel. sedangkan brand image t hitung 6,152 > t tabel 1,661, berpengarus secara signifikan karena t hitung lebih tinggi dari pada t tabel yang di persyaratkan. dari hasil pengolahan data secara pasrial dalam penelitian ini menunjukkan bahwa dari ke dua variabel bebas hanya satu variabel bebas yang berpengaruh secara positif dan signifikan yaitu variabel brand image terhadap variabel terikat keputusan pembelian.
Abstrak Indonesia
This study aims to determine the effect of: country of origin and brand image on smartphone purchasing decision at university of borneo tarakan (a case study of university of borneo tarakan) where the proposed two independent variables and one dependent variable, country of origin and brand image act as independent variable and purchase decision as the dependent variable. sample method used in this research is nonprobability sampling with sampling technique using purposive sampling. data obtained from the results of the distribution of questionnaires, which amounted to 100 pieces of questionnaires. the method of analysis in this study using multiple linear regression analysis. test statistic in this research use t test. the result of this research is in partial test of country of origin variable has no significant effect on purchasing decision. variable country of origin t arithmetic = -1.230 t table 1.661, significantly significant because t arithmetic higher than t table in the requirement. from the results of data processing in pasrial in this study showed that from the two independent variables only one independent variable that influenced positively and significantly is the brand image variable to the dependent variable purchase decision.