
Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Berdasarkan Gaya Belajar Di Kelas III SDN 009 Tarakan
Pengarang : Hariza
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2025Abstrak Indonesia
Gaya belajar merupakan salah satu faktor pendukung kemampuan numerasi yang dapat memudahkan dalam proses pembelajaran dan berkomunikasi. setiap anak mempunyai gaya belajar sendiri sendiri dan tidak dapat dipaksakan untuk menggunakan gaya belajar yang seragam, sehingga kemampuan numerasi anakpun juga berbeda penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan numerasi siswa berdasarkan gaya belajar. jenis penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan pengambilan data melalui angket, tes, dan wawancara. subjek dalam penelitian ini ada tiga peserta didik, satu peserta didik dengan gaya belajar visual. satu peserta didik dengan gaya belajar auditorial. satu peserta didik dengan gaya belajar kinestetik. analisis data melewati tahapan dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. dari hasil penelitian ditemukan bahwa siswa dengan gaya belajar visual cepat tanggap karerna siswa dengan gaya belajar visual dapat mengerjakan seluruh soal tes dan memenuhi seluruh indikator kemampuan numerasi. sedangkan untuk gaya belajar auditorial dan kinestetik cenderung memiliki respon yang sama ketika mendapat soal tes meminta bantuan terhadap guru dan hanya memenuhi dua indikator kemampuan numerasi. kata kunci: kemampuan numerasi, gaya belajar, sekolah dasar
Abstrak Indonesia
Learning style is one of the supporting factors for numeracy skills, which can facilitate the learning and communication process. each child has a learning style and cannot be forced to use a uniform learning style, so children's numeracy skills are also different. this study aimed to analyze students' numeracy skills based on learning styles. this type of study uses a case study method using a qualitative. descriptive approach, with data collection through questionnaires, tests, and interviews. the subjects in this study were three students, and every student had a visual, auditory, and kinesthetic learning style. the data analysis through stages of data reduction, data presentation, and conclusion. the study results showed that students with a visual learning style were quick to respond to questions and met all indicators of numeracy skills. meanwhile, auditory and kinesthetic learning styles tend to have the same response when receiving questions that only meet two indicators of numeracy ability. keywords: numeracy skill, learning style, elementary school