
PENGARUH FITUR LAYANAN, KUALITAS LAYANAN DAN KEMUDAHAN PENGGUNA TERHADAP MINAT NASABAH DALAM MENGGUNAKAN MOBILE BANKING PADA PT. BANK BNI CABANG KAB. TANA TIDUNG
Pengarang : Sri Wulandari
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2025Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh fitur layanan, kualitas layanan dan kemudahan terhadap minat nasabah menggunakan mobile banking pada pt. bank bni cabang kab. tana tidung. penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. populasi adalah nasabah pengguna mobile banking pada pt.bank bni tana tidung. teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan sampel jenuh (semua anggota populasi di jadikan sampel) dengan jumlah sampel 160 nasabah pengguna mobile banking pt. bank bni cabang kab. tana tidung. sedangkan sumber data menggunakan data primer. hasil penelitian ini dilakukan uji hipotesis menggunakan model regresi linier berganda dan uji t (parsial) dengan bantuan spss. hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial variabel fitur layanan, kualitas layanan dan kemudahan penggunaan berpengaruh positif terhadap minat nasabah dalam menggunakan mobile banking pada pt. bank bni cab. kab. tana tidung. secara simultan variabel fitur layanan, kualitas layanan dan kemudahan penggunaan memiliki npengaruh 99% terhadap minat nasabah dalam menggunakan mobile banking pada pt.bank bni cab. kab. tana tidung. sedangkan sisanya 1% dijelaskan oleh sebab-sebab yang lain diluar model. kata kunci : fitur layanan, kualitas layanan, kemudahan penggunaan dan minat
Abstrak Indonesia
This study aimed to analyze the influence of service features, service quality, and ease of use on customers' interest in using mobile banking at pt. bank bni branch tana tidung regency. the research used is quantitative research using survey methods. the population is customers of mobile banking at pt. bank bni branch tana tidung regency. the sampling technique was carried out using a saturated sample (all members of the population were sampled) with a sample size of 160 customer users of mobile banking pt. bank bni branch tana tidung regency. meanwhile, the data source uses primary data. the hypothesis was tested using multiple linear regression models and t-tests (partial) with the spss program. the study results showed that the variables of service feature, service quality, and ease of use have a positive effect on customer interest in using mobile banking at pt. bank bni branch tana tidung regency. simultaneously, the variables of service feature, service quality, and ease of use have a 99% influence on customer interest in using mobile banking at pt. bank bni branch tana tidung regency. meanwhile, the remaining 1% is explained by other causes outside the model. keywords: service feature, quality of service, ease of use and interest