
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Kemandirian Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Frater Don Bosco Tarakan
Pengarang : Sarce Elisabet
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (nht) terhadap kemandirian belajar matematika siswa kelas vii smp frater don bosco tarakan. pengambilan data dilaksanakan pada tanggal 16 mei – 04 juni 2016 di smp frater don bosco tarakan. jenis penelitian ini adalah quasi exsperimental design dengan desain pretest posttest non-equivalent group design. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas vii smp frater don bosco tarakan. sampel dalam penelitian ini adalah kelas vii-2 sebagai kelas eksperimen dan vii-1 sebagai kelas kontrol, sampel penelitian diambil dengan teknik sampling jenuh. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. data dianalisis menggunakan analisis uji independent sample t-test dengan bantuan software spss versi 23.0 for windows. hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa skor rata-rata kemandirian belajar matematika kelas eksperimen adalah 63,39 dan skor rata-rata kemandirian belajar matematika kelas kontrol adalah 56,65. sedangkan hasil analisis uji independent sample t-test dengan taraf signifikan 5% (α = 0,05) diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000. dikarenakan nilai signifikan 0,000 < 0,05 maka h0 ditolak dan ha diterima, sehingga diperoleh skor rata-rata kemandirian belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (nht) lebih tinggi secara signifikan dari skor rata-rata kemandirian belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional. dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (nht) terhadap kemandirian belajar matematika siswa kelas vii smp frater don bosco tarakan. kata kunci: numbered heads together (nht), kemandirian belajar matematika
Abstrak Indonesia
This study aims to determine the effect of cooperative learning model numbered heads together (nht) towards independent learning mathematics seventh grade students of smp frater don bosco tarakan. data collection was conducted on may 16 - june 4, 2016 in smp frater don bosco tarakan. this research is a quasi experimental design pretest-posttest design with non-equivalent group design. the population in this study were all class vii frater don bosco tarakan. the sample in this research is class vii-2 as the experimental class and vii-1 as a control group, the study sample was taken with saturated sampling technique. data collection techniques in this study using a questionnaire. data were analyzed using statistical analysis test independent sample t-test with spss version 23.0 for windows. descriptive analysis showed that the average score of independent learning mathematics experimental class was 63.39 and the average score of control class mathematics learning independence is 56.65. while the results of test analysis independent sample t-test with significance level of 5% (α = 0.05) obtained significant value of 0,000. due to the significant value 0,000 < 0,05 then h0 is rejected and ha accepted, in order to obtain an average score of independent learning math students taught using cooperative learning model numbered heads together (nht) was significantly higher than the average score of independent learning math students taught using conventional learning models. thus, can be concluded that there are significant cooperative learning model numbered heads together (nht) to independent learning math class vii smp frater don bosco tarakan. keywords: numbered heads together (nht), independence math