
Peran Guru Pembimbing Khusus (GPK) Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus Di Kelas 1 SD Alam Binari Tahun Ajaran 2023/2024
Pengarang : Juniarti Laroibafi
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2025Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru pembimbing khusus (gpk) dalam memberikan bimbingan kepada siswa berkebutuhan khusus di kelas 1 sd alam binari pada tahun ajaran 2023/2024. pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan fokus pada empat kompetensi utama gpk, yaitu merencanakan, melaksanakan, menggunakan media dan metode, serta mengevaluasi pembelajaran. data diperoleh melalui observasi langsung, wawancara dengan gpk, guru kelas, dan kepala sekolah, serta analisis dokumen terkait seperti rencana pembelajaran dan evaluasi. hasil penelitian menunjukkan bahwa gpk di sd alam binari mampu merencanakan pembelajaran dengan mempertimbangkan kebutuhan individual siswa, termasuk berkolaborasi dengan orang tua untuk mendukung pembelajaran di rumah. dalam pelaksanaan pembelajaran, gpk menunjukkan perhatian khusus terhadap perkembangan siswa, baik secara fisik maupun psikologis. penggunaan media dan metode yang bervariasi, seperti alat bantu motorik dan media video, turut mendukung proses pembelajaran. evaluasi dilakukan dengan memberikan umpan balik yang konstruktif dan melibatkan orang tua dalam menilai kemajuan siswa. secara keseluruhan, peran gpk di sd alam binari penting dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang inklusif dan mendukung perkembangan siswa baik dari aspek akademik maupun sosial-emosional. kata kunci: peran guru pembimbing khusus (gpk), abk, sd alam binari
Abstrak Indonesia
This study aimed to describe the role of the special guidancc teacher (gpk) in guiding students with special needs in grade i sd alam binari in the 2023/2024 school year. the approach used in this rescarch was dcscriptive-qualitative with a focus on the four main competencies of gpk, namely planning, implementing, using media and mcthods, and cvaluating icarning. data wcrc obtaincd through direct observation, interviews with gpks, class teachers, and principals, as well as analysis of related documents such as lesson plans and evaluations. the results indicated that gpks at sd alam binari were able to plan learning by considering students' individual needs, including collaborating with parents to support leaming at home. in the implementation of learning, gpk showed special attention to student development, both physically and psychologically. the use of varied media and methods, such as motor aids and video media, also supported the leaming process. evaluation was done by providing constructive feedback and involving parents in assessing students' progress. overall, the role ofgpk at sd alam binari was important in creating an inclusive leaming environment that supports students' development in both academic and social-emotional aspects. keywords: the role of the special mentor teacher (gpk), children with disabilities, sd alam binari