
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Examples Non Examples Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tarakan
Pengarang : Ratih Vihafsari
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya: 1) pengaruh model pembelajaran (kooperatif examples non examples dengan konvensional) terhadap pemahaman konsep matematika, 2) pengaruh aktivitas belajar terhadap pemahaman konsep matematika dan 3) pengaruh interaksi antara model pembelajaran (kooperatif examples non examples dengan konvensional) dengan aktivitas belajar terhadap pemahaman konsep matematika pada siswa kelas vii smp negeri 2 tarakan. penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016 di smp negeri 2 tarakan. jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain faktorial 2×3. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas vii smp negeri 2 tarakan. pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling. sampel dalam penelitian ini adalah kelas vii-f dan vii-j. pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes pemahaman konsep matematika dan lembar observasi aktivitas belajar. teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. analisis deskriptif meliputi rata rata hitung dan simpangan baku. analisis inferensial menggunakan analisis variansi dua jalur. berdasarkan hasil analisis dengan taraf signifikansi 5%, dapat disimpulkan bahwa: 1) model pembelajaran (kooperatif examples non examples dengan konvensional) berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematika dengan nilai p-value 0,044, 2) aktivitas belajar berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematika dengan nilai p-value 0,000 dan 3) interaksi antara model pembelajaran dengan aktivitas belajar berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematika pada siswa kelas vii smp negeri 2 tarakan dengan nilai p-value 0,032. kata kunci: kooperatif examples non examples, pemahaman konsep matematika, aktivitas belajar
Abstrak Indonesia
The aims of this research is to find out: (1) the effects of learning model (cooperative examples non examples and conventional) towards the understanding of mathematic concept, (2) the effects of learning activity toward the understanding of mathematic concept and (3) the effects of an interaction between learning models with learning activity towards the understanding of mathematic concept in students of vii grade of smp negeri 2 tarakan. this research was held in the even semester in academic year of 2015/2016 in smp negeri 2 tarakan. the research design used in this research was a quasi-experiment with faktoral design of 2x3. the population of this research was the whole students of vii grade in smp negeri 2 tarakan. sampling was done by using a simple random sampling technique. the sample of this research was a class of vii-f and vii-j. the data collection was done by using an understanding mathematic concept test and an observation sheet about learning activity. technique of analysis data used a descriptive analysis and inferential analysis. a descriptive analysis covered an average count and a standard deviation. an inferential analysis used two ways analysis of variance. based on the result of the analysis with a significance level of 5%, it can be concluded that: (1) a learning model (cooperative examples non examples and conventional) is effects the understanding of mathematic concept with a p-value of 0.044, (2) a learning activity is effects the understanding of mathematic concept with a p-value of 0.000 and (3) the interaction between learning model and learning activity is effects the understanding of mathematic concept in students of vii grade in smp negeri 2 tarakan with a p-value of 0.032. keywords: cooperative examples non examples, understanding of mathematic concept, learning activity