
Profil Motivasi Belajar Dan Disiplin Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 7 Tarakan
Pengarang : Muhammad Haspiansyah
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil motivasi belajar dan disiplin belajar siswa kelas viii smpn 7 tarakan. penelitian ini dilaksanakan pada bulan juli 2016 di smpn 7 tarakan. jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan adalah angket motivas beajar dan disiplin belajar siswa. populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas viii smpn 7 tarakan. teknik penentuan sampel penelitian diambil dengan cara proportionate stratified random sampling dengan sampel yang telah ditentukan sebanyak 159 siswa. berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa motivasi belajar siswa kelas viii smpn 7 tarakan berada pada kategori tinggi. hal ini sesuai dengan analisis data motivasi belajar siswa dimana tingkat motivasi belajar siswa yang berada pada kategori sangat tinggi sebanyak 67 siswa (42,14%), pada kategori tinggi sebanyak 89 siswa (55,97%), pada kategori rendah sebanyak 3 siswa (1,89%) dan tidak ada pada kategori sangat rendah. sedangkan hasil analisis data disiplin belajr siswa kelas viii smpn 7 tarakan, diketahui bahwa disiplin belajar siswa berada pada kategori sangat tinggi. hal ini berdasarkan hasil penelitian disiplin belajar siswa dimana pada kategori sangat tinggi sebanyak 106 siswa (66,67), pada kategori tinggi sebanyak 50 siswa (31,45%), pada kategori rendah sebanyak 3 siswa (1,89%) dan tidak ada pada kategori sangat rendah. kata kunci: profil, motivasi belajar, disiplin belajar
Abstrak Indonesia
The aims of thes research was to know the profil of learning motivation and learning discipline of smpn 7 tarakan 7th grade students. this research was conducted in july 2016 at smpn 7 tarakan. the type of this research was quantitative descriptive research. the data were collected by using learning motivation and learning discipline questionnaire. the population in this research were all of 8th grade student at smpn 7 tarakan. the sampling was done by proportionate stratified random sampling which were 159 students. based on the result it can be known that student’s learning motivation was in high category. this was indicated by the fact that 67 students (42,14%) were in very high category, 89 students (55,97%) were in high category, 3 students (1,89%) were in low category and no one in very low category. based on the result it can be known that student’s learning discipline was in very high category. this was indicated by the fact that 106 students (66,67%) were in very high category, 50 students (31,45%) were in high category, 3 students (1,89%) were in low category and no one in very low category. keywords: profile, learning motivation, learning discipline