
Pengaruh Teknik Sending Greeting And Questions Dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan
Pengarang : Mega Septiani Sari
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh teknik sending greeting and questions dalam model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division terhadap pemahaman konsep matematika siswa. penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016 di smp negeri 5 tarakan. jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental (eksperimen semu) dengan desain posstest only control design. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas viii smp negeri 5 tarakan. sampel dalam penelitian ini adalah kelas viii-1 dan viii-3 yang ditentukan melalui teknik simple random sampling. pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes pemahaman konsep yang berbetuk uraian. berdasarkan hasil analisi data diperoleh bahwa rata-rata pemahaman konsep matematika kelas ekseperimen tidak sama dengan rata-rata pemahaman konsep matematika kelas kontrol karena thitung ≥ ttabel (1,900 ≥ 1,699) . hal ini dapat diliat dari rata-rata pemahaman konsep matematika siswa pada kelas eksperimen adalah 63,4839. sedangkan rata-rata pemahaman konsep matematika siswa pada kelas kontrol adalah 50,5143. sehingga, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan teknik sending greeting and questions dalam model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematika siswa. kata kunci: sending greeting and questions, student team achievement division, pemahaman konsep
Abstrak Indonesia
This research was purposed to know the influenced of sending greeting and questions technique in learning cooperative model student team achievement division type for the mathematics students concept comprehension. this research was conducted on second semester in academic year 2015/2016 at smp negeri 5 tarakan. this research method was quasi experimental with posttest only control design. population in this research was all students of classviii smp negeri 5 tarakan. sample in this research was viii-1 and class viii-3 that definited by simple random sampling. collecting data was use essay comprehension. based on the result of data analysis, the mean of mathematics comprehension in control class because tcount ≥ ttable (1,900 ≥ 1,699). it can be seen by the mean of mathematics comprehension in experimen class was 63,4839. mean while the mean of mathematics comprehension in control class was 50,5143. so, it can be conduded that the mathematics learning use sending greeting and questions technique in cooperative learning student team achivement division type influenced for mathematics student comprehension. keywords: sending greeting and questions, student team achievement division, student comprehension