
Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau Dari Kedisiplinan Siswa Kelas X MIA SMA Negeri 1 Tarakan
Pengarang : Jurhana
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penekatan pembelajaran (saintifik dengan konvensional) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika, kedisplinan siswa (tinggi dan rendah) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika dan pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran (saintifik dengan konvensional) dengan kedisiplinan siswa (tinggi dan rendah) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika pada siswa kelas x mia sma negeri 1 tarakan. penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016 di sma negeri 1 tarakan. jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain faktorial 2×2. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas x mia sma negeri 1 tarakan. pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling. sampel dalam penelitian ini adalah kelas x mia - 3 dan x mia - 4. pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan pemahaman konsep matematika dan angket kedisplinan siswa. teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. analisis deskriptif meliputi rata-rata hitung dan simpangan baku. analisis inferensial menggunakan analisis variansi dua jalur. berdasarkan hasil analisis dengan taraf signifikansi 5%, dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran (saintifik dengan konvensional) berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika dengan nilai p-value 0,000, kedisiplinan siswa (tinggi dan rendah) tidak berpengaruh terhadap kemampuan menalar matematika dengan nilai p-value 0,737 dan interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan kedisiplinan siswa tidak berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika pada siswa kelas x mia sma negeri 1 tarakan dengan nilai p-value 0,885. kata kunci: pendekatan saintifik, kemampuan pemahaman konsep matematika, kedisiplinan siswa
Abstrak Indonesia
This research aims to study the effect of learning approaches (saintifik and conventional) to the ability of mathematic concept understanding, the effect of the students punctuality (high and low) to the ability of mathematic concept understanding, and the interaction effect among learning approaches (saintifik and conventional) and the students punctuality (high and low) to the ability of mathematic concept understanding at the ten grade of science department students of sman 1 tarakan. this research was held on the second semester of the academic year 2015/2016. this research is a quasi experiment with factorial 2×2 design. the population of this research is all of the ten grade classes science department of sman 1 tarakan. the sampling tehcnique was simple random sampling. the sample of this research are class x mia-3 and x mia-4. the data collection was conducted by mathematic concept understanding ability test and the students punctuality questionnaire. the technique of data analysis are descriptive and inferential analysis. descriptive analysis included the mean and standard deviation. inferential analysis used the two way analysis of variance. based on the result of analysis with a significance level of 5%, it can be concluded that the learning approaches (saintifik and conventional) affect the ability of mathematic concept understanding with p-value 0,000, the students punctuality (high and low) doesn’t affect the ability of mathematic concept understanding with p-value 0,737, and the interaction among learning approaches (saintifik and conventional) and the students punctuality don’t affect the ability of mathematic concept understanding at the ten grade students of science department of sman 1 tarakan with p-value 0,885. keywords: the scientific approach, the ability of mathematic concept understanding, the students punctuality