
Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau Dari Jenis Kelamin Siswa Kelas VII MTs DDI Kota Tarakan
Pengarang : Ismail
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran open ended terhadap pemahaman konsep matematika ditinjau dari jenis kelamin siswa kelas vii mts ddi kota tarakan. penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 24 maret s/d 7april 2016 di mts ddi kota tarakan. jenis penelitian ini adalah pre-experimental designs dengan desain penelitian one-group pretest-posttest design. populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas vii mts ddi kota tarakan dan sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik sampling purposive. sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas vii-a dan vii-b mts ddi tarakan sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran open ended. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes uraian. analisis yang digunakan dalam penelitian ini ada dua teknik analisis statistik, yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. di dalam melakukan analisis statistik inferensial, dilakukan uji asumsi prasyarat yang antara lain uji normalitas dan uji homogenitas, setelah melakukan uji asumsi prasyarat dilakukan uji hipotesis. data dianalisis dengan menggunakan analisis statistik dengan bantuan software spss 16.0 for windows. hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji t-test sample related dengan taraf kesalahan sebesar 5% (α = 0,05) pada kelas eksperimen perempuan, diperoleh nilai thitung kelas eksperimen perempuan adalah 3,897. hal ini menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel yakni 3,897 > 1,6991 sehingga h0 ditolak dan h1 diterima. hal ini berarti “terdapat pengaruh model pembelajaran open ended terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas eksperimen perempuan mts ddi kota tarakan”. sedangkan hasil uji t-test sample related dengan taraf kesalahan sebesar 5% (α = 0,05) pada kelas eksperimen laki-laki, diperoleh nilai thitung kelas eksperimen laki-laki adalah adalah 0,949. hal ini menunjukkan bahwa nilai thitung ≤ ttabel yakni 0,949 ≤ 1,708 sehingga h0 diterima dan h1 ditolak. hal ini berarti “tidak terdapat pengaruh model pembelajaran open ended terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas eksperimen laki-laki mts ddi kota tarakan”. kata kunci: model pembelajaran open ended, kemapuan pemahaman konsep matematika, jenis kelamin
Abstrak Indonesia
This research is used to find out the influence of open ended learning model through the understanding mathematical concept based on student’s gender for seventh grade students at mts ddi tarakan. the design of this research is pre-experimental design with one-group pretest-posttest design. the population of this research is all of the students at seventh grade and the sample is gain using sampling purpose technique. in this research, the samples are the students in class vii-a and vii-b as an experimental group by using open ended learning model. the researcher use written test as a technique in data collection. the types of analyze in collect the data are descriptive statistical analysis and inferential statistical analysis. during the process of inferential statistical analysis, the researcher conducted prerequisite assumption test consists of normality test and homogenous test, after that the researcher did the hypothesis test. the data analyzed use spss 16.0 software for windows. the result of this research shows that t-test sample related to error 5% (α = 0.05) for the female experiment class and the value is 3.897. this value showed that t-test > t-table is 3.896 > 1,6991 means h0 was rejected and h1 was accepted. this result means “there is a significant influence of open ended learning model trough the understanding mathematical concept ability for female experiment class at mts ddi tarakan. meanwhile the result of t-test sample related to error 5% (α = 0,05) for the male experiment class and gain the value of t-test is 0.949. this value showed that t-test < t-table is 0.949 < 1.708 means h0 was accepted and h1 was rejected. this result means “there is no significant influence of open ended learning model trough the understanding mathematical concept ability for male experiment class at mts ddi tarakan city. keywords: open ended learning model, ability of understanding mathematical concept, gender