UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of PENGARUH HARGA KOMPETITIF, KUALITAS PELAYANAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT BELI JASA MAXIM DIKOTA TARAKAN

PENGARUH HARGA KOMPETITIF, KUALITAS PELAYANAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT BELI JASA MAXIM DIKOTA TARAKAN

Pengarang : Rindiani Putri

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2025
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh harga kompetitif, kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap minat beli jasa maxim dikota tarakan. penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui metode survei dengan instrument penelitian kuesioner. penarikan jumlah sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. populasi dalam penelitian ini yaitu masyarakat kota tarakan yang sudah pernah menggunakan layanan jasa transportasi online maxim dengan sampel 80 responden. metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linier berganda dan uji t dengan alat bantu program spss versi 29.0. hasil dari penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh antara variabel harga kompetitif (x1) terhadap minat beli (y), diketahui dari hasil uji persial t menunjukkan t_hitung < t_tabel (0.080 < 1.992), dan nilai signifikansi t lebih besar dari 0.05 ( 0.936 > 0.05). variabel kualitas pelayanan (x2) tidak terdapat pengaruh antara variabel kualitas pelayanan terhadap minat beli (y), diketahui dari hasil uji persial t menunjukkan t_hitung < t_tabel (0.407 < 1.992), dan nilai signifikansi t lebih besar dari 0.05 ( 0.685 > 0.05). variabel kepercayaan (x3) terdapat pengaruh antara variabel kepercayaan terhadap minat beli (y), diketahui dari hasil uji persial t menunjukkan t_hitung > t_tabel (5.500 > 1.992), dan nilai signifikansi t kurang dari dari 0.05 ( 0.001 < 0.05). kata kunci: harga kompetitif, kualitas pelayanan, kepercayaan dan minat beli

Abstrak Indonesia

This study aimed to prove the influence of competitive prices, service quality, and trust on interest in purchasing maxim services in tarakan city. this study uses a quantitative approach through a survey method with a questionnaire research instrument. the sample size used a purposive sampling technique. the population in this study is the people of tarakan city who have used maxim's online transportation services with a sample of 80 respondents. the data analysis method used in this study is multiple linear regression analysis and t-test using spss program version 29.0. the study results showed that there is no influence between the competitive price variable (x1) on purchasing interest (y), it is known from the results of the partial t-test that showed t-value < t-table (0.080 < 1.992), and the significance value of t is greater than 0.05 (0.936 > 0.05). the service quality variable (x2) does not influence purchasing interest (y), it is known from the results of the partial t-test that showed t-value < t-table (0.407 < 1.992), and the significance value of t is greater than 0.05 (0.685 > 0.05). the trust variable (x3) has an influence on purchasing interest (y), as can be seen from the results of the partial t-test showed that t-value > t-table (5,500 > 1,992), and the significance value of t is less than 0.05 (0.001 < 0.05). keywords: competitive prices, service quality, trust and purchase interest