
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN AKADEMIK DAN KOMPETENSI DOSEN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA JURUSAN MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN
Pengarang : Ikfina Khoiro Amalina
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2025Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan akademik dan kompetensi dosen terhadap kepuasan mahasiswa jurusan manajemen fakultas ekonomi universitas borneo tarakan. penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui metode survey dengan instrumen penelitian kuesioner. populasi penelitian ini mahasiswa aktif jurusan manajemen fakultas ekonomi universitas borneo tarakan dengan sampel 234 responden. metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda dan uji t dengan alat bantu program spss versi 29.0. hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan akademik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa jurusan manajemen fakultas ekonomi universitas borneo tarakan, diketahui dari hasil uji parsial t menunjukkan t hitung sebesar 15,807 dan t tabel sebesar 1,651 sehingga t hitung > t tabel atau dengan tingkat signifikansi 0,001 < 0,05 dan variabel kompetensi dosen berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa jurusan manajemen fakultas ekonomi universitas borneo tarakan, diketahui dari hasil uji parsial t menunjukkan t hitung sebesar -8,555 dan t tabel sebesar 1,651 sehingga t hitung < t tabel atau dengan tingkat signifikansi 0,001 < 0,05. kata kunci: kualitas pelayanan akademik, kompetensi dosen, dan kepuasan mahasiswa
Abstrak Indonesia
This study aimed to determine the influence of academic service quality and lecturer competency on student satisfaction in the management department, faculty of economics borneo tarakan university. this study uses a quantitative approach through a survey method with a questionnaire research instrument. the study population was active students from the management department, faculty of economics borneo tarakan university with a sample of 234 respondents. the data analysis method used is multiple linear regression analysis and t-test using the spss program version 29.0. the study results showed that the academic service quality variable has a positive and significant effect on student satisfaction in the management department, faculty of economics borneo tarakan university, it is known from the partial t-test results that the t-count is 15.807 and the t-table is 1.651 so that t-count > t-table or with a significance level of 0.001 < 0.05 and the lecturer competency variable has a negative and significant effect on student satisfaction in the management department, faculty of economics borneo tarakan university, it is known from the results of the partial t-test that t is calculated at -8.555 and t-table is 1.651 so t-count < t-table or with a significance level of 0.001 < 0.05. keywords: academic service quality, lecturer competency, and student satisfaction