UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X-B SMA Mulawarman Tarakan

Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X-B SMA Mulawarman Tarakan

Pengarang : Dimas Tegar Dewanto

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan fasilitas belajar secara simultan terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas x-b sma mulawarman tarakan. penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 12 agustus 2016 di sma mulawarman tarakan. jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan kausal. adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket dan dokumentasi. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas x-b sma mulawarman tarakan. sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik sampel jenuh. teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dengan bantuan software spss 16.0 for windows. hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan fasilitas belajar secara simultan terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas x-b sma mulawarman tarakan, dengan persamaan regresi y = 74,806 + 0,045 x. berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi, diketahui bahwa fasilitas belajar secara simultan hanya memberikan pengaruh sebesar 0,5% terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas x-b sma mulawarman tarakan. kata kunci: fasilitas belajar, prestasi belajar matematika

Abstrak Indonesia

The study aimed to determine the effect of significant facilities learning simultaneously on mathematics achievement of students of class x-b sma mulawarman tarakan. the study was conducted on august 12th 2016 in sma mulawarman tarakan. the type of this study was quantitative research with causal approach. the data collection techniques in this research using questionnaires and documentation. the population of this study were all students of class x-b sma mulawarman tarakan. the sample of this study were 40 students who were taken by using sampling jenuh technique. data were analyzed using multiple regression analysis with spss 16.0 for windows. the results showed that there is no significant influence facilities learning simultaneously on mathematics achievement of students of class x-b sma mulawarman tarakan, the regression equation y = 74,806 + 0,045 x. based on the results of the calculation of the coefficient of determination, it is known that the facilities learning simultaneously only giving the effect of 0,5% of the learning achievement of students of class x-b sma mulawarman tarakan. keywords: facilities learning, learning mathematics achievement