
Pengaruh Kreativitas Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMK Paguntaka Tarakan
Pengarang : Darawiyah Kadir
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kreativitas dan gaya belajar terhadap hasil belajar matematika siswa smk paguntaka tarakan. penelitian ini dilaksanakan pada bulan juli 2016. penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif dengan populasi seluruh siswa smk paguntaka tarakan tahun pembelajaran 2016/2017 yang berjumlah 41 orang. dan pada penelitian ini menggunakan sampling jenuh dimana semua anggota populasi dijadikan sebagai sampel. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda berbantuan software spss 16.0 for windows. hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas dan gaya belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa smk paguntaka tarakan, dapat dibuktikan dengan melihat fhitung dan ftabel, dimana fhitung > ftabel (12,600 > 2,49) dan terlihat juga dengan nilai signifikansinya yaitu 0,000 < 0,05. hasil perhitungan (r2) diperoleh 0,643 yang berarti, kreativitas dan gaya belajar mempengaruhi hasil belajar sebesar 64,3%. kata kunci: kreativitas, gaya belajar, hasil belajar matematika
Abstrak Indonesia
This research purposed to know the influences of creativity and learning style to the result of students’ mathematic learning at smk paguntaka tarakan. the research held in july 2016. the research has been done by using quantitative method that the total of populations were all of students of smk paguntaka tarakan in academic year 2016/2017 amount 41 students. in this research, the researcher used surfeited sampling technique, that all of the populations used as the sample. the data has been collected by using questionnaires and documentation. the data collected was analyzed by using spss 16.0 for windows software. the result showed that there was significant influences of creativity and learning style to the result of students’ mathematic learning at smk paguntaka tarakan. it can be proved by compare fcount and ftable, where fcount > ftable, (12,600 > 2,49) and also it can be seen from the significant values, 0,000 < 0,05. the result of coefficient determination (r2) is 0,643; it means that there was the influences of creativity and learning style to the result of students’ mathematic learning amount 64,3%. keywords: creativity, learning style, mathematic learning result