
Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Persamaan Garis Lurus Pada Siswa Kelas VIII MTs Al-Fatah Tarakan
Pengarang : Bayu Kurniawan
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016Abstrak Indonesia
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa kelas viii mts al-fatah tarakan dalam menyelesaikan soal pada materi persamaan garis lurus (2) besar persentase kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pada materi persamaan garis lurus. penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas viii mts al-fatah tarakan yang berjumlah 61 siswa dan menggunakan teknik sampel acak sederhana didapatkan jumlah sampel penelitian 51 siswa. hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa kelas viii mts al-fatah tarakan dalam menyelesaikan soal pada materi persamaan garis lurus adalah: (a) kesalahan siswa dalam mengidentifikasi dan menentukan konsep; (b) kesalahan siswa dalam mengidentifikasi sifat-sifat konsep yang diberikan dan mengenali kondisi suatu konsep yang diberikan; (c) kesalahan siswa dalam menterjemahkan dari satu model presentasi ke model lain; (d) siswa dalam mengidentifikasi dan menggunakan rumus yang sesuai serta menggunakan metode penyelesaian yang benar; (e) siswa dalam menentukan simbol dan notasi serta satuan yang tepat; (f) kesalahan siswa dalam menggunakan dan menyelesaikan operasi hitung; (2) besar persentase kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pada materi persamaan garis lurus adalah: (a) kesalahan siswa dalam pemahaman konsep sebesar 48,33%; (b) kesalahan siswa dalam penguasaan prosedur sebesar 59,5%; (c) kesalahan siswa dalam penguasaan operasi hitung sebesar 60%. kata kunci: analisis kesalahan, persamaan garis lurus
Abstrak Indonesia
The purpose of this study to determine: (1) errors committed eighth grade students of mts al-fatah tarakan in solving the matter straight line equation (2) the percentage of students' mistakes in solving the matter straight line equation. this research uses descriptive quantitative method. the population in this study were students of class viii mts al-fatah tarakan totaling 61 students and using simple random sampling techniques obtained sample of 51 research students. the results showed that: (1) errors committed eighth grade students of mts al-fatah tarakan in solving the matter straight line equation is: (a) students' mistakes in identifying and determining the concept; (b) students' mistakes in identifying the properties of a given concept and recognize the condition of a given concept; (c) students' mistakes in translating from one model to another model presentation; (d) students in identifying and using appropriate formulas and using the correct method of settlement; (e) students in determining the symbols and notation as well as the appropriate unit; (f) students' mistakes in using and completing arithmetic operations; (2) a large percentage of students 'mistakes in solving the matter straight line equation is: (a) errors in the students' understanding of the concept of 48.33%; (b) students in the control procedure error of 59.5%; (c) students in the control operation error count by 60%. keywords: error analysis, straight line equations