UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of STUDI ANALISIS PENANGANAN JALAN BERDASARKAN IDENTIFIKASI KERUSAKAN DAN KETIDAKRATAAN PERMUKAAN JALAN (Studi Kasus : Jl. Sei Bengawan, Juata Permai)

STUDI ANALISIS PENANGANAN JALAN BERDASARKAN IDENTIFIKASI KERUSAKAN DAN KETIDAKRATAAN PERMUKAAN JALAN (Studi Kasus : Jl. Sei Bengawan, Juata Permai)

Pengarang : Indiyani Fuzi Astuti

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2025
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Ruas jalan sei bengawan kota tarakan merupakan jalan yang sering dilewati kendaraan berat untuk mengangkut material karena adanya pembangunan pabrik kertas di jalan tersebut, sehinga mengakibatkan beban yang diterima jalan melebihi beban rencana (overloading) yang menjadi penyebab salah satu kerusakan dan ketidakrataan jalan. penelitian ini bertujuan untuk menentukan berapa nilai tingkat kerusakan jalan dan ketidakrataan jalan serta jenis penanganannya. penelitian ini dilakukan dengan cara pengukuran langsung di lapangan untuk mendapatkan data primer berupa jenis, tingkat keparahan dan luasan kerusakan jalan serta data ketidakrataan jalan atau nilai iri yang didapatkan dari aplikasi roadroid. hasil penelitian didapatkan nilai tingkat kerusakan pada metode indeks kondisi perkerasan (ikp) adalah 62 yang menunjukan kondisi perkerasan dalam kategori sedang dan nilai tingkat ketidakrataan pada metode international roughness index (iri) adalah 4,04 m/km dengan nilai tingkat pelayanan (psi) adalah 1,81 yang menunjukan kondisi pelayanan jalan sei bengawan kurang dengan rentang nilai psi tingkat kepercayaan 95% berkisaran 1,60 - 2,02. pemilihan jenis pemeliharaan pada keseluruhan ruas jalan sei bengawan adalah peningkatan jalan. apabila, berdasarkan jenis kerusakan masing-masing segmen jalan, jenis penanganan berdasarkan aturan standar perbaikan direktorat jendral bina marga 1995 yaitu p2 (pengaspalan), p3 (pelapisan retak), p4 (pengisian retak), p5 (penambalan lubang), dan p6 (perataan). kata kunci: kerusakan jalan, ketidakrataan jalan, indeks kondisi perkerasan (ikp), international roughness index (iri), roadroid, pemeliharaan jalan.

Abstrak Indonesia

Jalan sei bengawan tarakan city is a road that is often passed by heavy vehicles to transport materials due to the construction of a paper factory on the road, resulting in the load received by the road exceeding the planned load (overloading), which is the cause of one of the damage and unevenness of the road. this study aimed to determine the value of the level of road damage and road unevenness and the type of handling. this research was conducted by direct measurement in the field to obtain primary data in the form of types, severity, and extent of road damage and road unevenness data or iri values obtained from the roadroid application. the results of the study obtained the value of the level of damage in the pavement condition index (ikp) method is 62, which shows the condition of the pavement in the medium category, and the value of the level of unevenness in the internasional roughness index (iri) method is 4.04 m/km with a level of service (psi) value of 1.81. this showed that the condition of the sei bengawan road service was less with a 95% confidence level psi value range of 1.60 2.02. the choice of maintenance type on the entire sei bengawan road section was road improvement. from the type of damage to each road segment, the type of handling is based on the 1995 directorate general of highways repair standard rules, specifically p2 (paving), p3 (crack coating), p4 (crack filling), p5 (patching holes), and p6 (leveling). keywords : road damage, road unevenness, pavement condition index (ikp), international roughness index (iri), roadroid, road maintenance