UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Tarakan

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Tarakan

Pengarang : Arindhi Yulianingtyas

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran (kooperatif tipe student teams achievement division dan konvensional) terhadap kemampuan komunikasi matematika, pengaruh gaya belajar terhadap kemampuan komunikasi matematika dan pengaruh interaksi antara model pembelajaran (kooperatif tipe student teams achievement divission dan konvensional) dengan gaya belajar terhadap kemampuan komunikasi matematika pada siswa kelas x smk negeri 1 tarakan. penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016 di smk negeri 1 tarakan. jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain faktorial 2×3. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas x kelompok pariwisata smk negeri 1 tarakan. pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling. sampel dalam penelitian ini adalah kelas x– upw dan x– jasa boga 2. pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan komunikasi matematika dan angket gaya belajar. teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. analisis deskriptif meliputi rata-rata hitung dan simpangan baku. analisis inferensial menggunakan analisis variansi dua jalur. berdasarkan hasil analisis dengan taraf signifikansi 5%, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran (kooperatif tipe student teams achievement divission dan konvensional) berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematika dengan nilai p-value 0,004, gaya belajar tidak berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematika dengan nilai p-value 0,848 dan interaksi antara model pembelajaran dengan gaya belajar tidak berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematika pada siswa kelas x smk negeri 1 tarakan dengan nilai p-value 0,772. kata kunci: stad (student teams achievement division), kemampuan komunikasi matematika, gaya belajar

Abstrak Indonesia

The aims of this research are to find out the effects of cooperative learning model (student teams achievement division type and a convensional type) toward mathematic communication skill, the effects of learning styles toward mathematic communication skill and the interaction of learning model (student teams achievement division type and conventional type) and the learning styles toward mathematic communication skill in tenth grade students of smk negeri 1 tarakan. this research was held in the even semester in academic year of 2015/2016 in smk negeri 1 tarakan. the research design used in this research was a quasi-experiment with faktoral design of 2x3. the population of this research was the whole tenth grader of tourism class in smk negeri 1 tarakan. sampling was done by a simple random sampling technique. the sample of this research was class x– upw and x– jasa boga 2. the data collection was done by using a mathematic communication skill test and a learning styles questionnaire. the data were analyze descriptive and inferential analysis. a descriptive analysis covered an average count and a standard deviation. an inferential analysis used an two ways analysis of variance. based on the result of the analysis with a significance level of 5%, it can be concluded that learning models (cooperative learning student teams achievement division type and conventional type) is effects the mathematic communication skill with the p-value of 0.004, the learning style did not effect the mathematic communication skill with p-value of 0.848 and the interaction between two learning models and learning styles did not effect the mathematic communication skill of students in class x of smk negeri 1 tarakan with a p value of 0.772. keywords: stad (student teams achievement division), mathematic communication skill, learning style