UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Himpunan Di Kelas VII-6 SMP Negeri 8 Tarakan

Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Himpunan Di Kelas VII-6 SMP Negeri 8 Tarakan

Pengarang : Arief Fadlansyah

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran role playing dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi himpunan di kelas vii-6 smp negeri 8 tarakan. jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada tanggal 13 november – 24 november 2014 di smp negeri 8 tarakan.subjek penelitian adalah siswa kelas vii-6 dengan jumlah 35 siswa, yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. data diperoleh melalui observasi dan tes. teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. proses pembelajaran matematika dapat dilihat dari aktivitas guru dan siswa, hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan aktivitas guru dari siklus i ke siklus ii sebesar 4% dan terdapat peningkatan aktivitas siswa dari siklus i ke siklus ii sebesar 3,8%. nilai rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari 57,14% pada siklus i menjadi 80% pada siklus ii. hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran role playing dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan himpunan di kelas vii-6 smp negeri 8 tarakan. kata kunci: ketuntasan pembelajaran, role playing

Abstrak Indonesia

The purpose of this research to determine how playing role learning model application to improve student learning outcomes on seveth grade in primary class vii-6 smp negeri 8 tarakan. the design of this research is classroom action research (car) was conducted on november, 13th until 24th 2014 in smp negeri 8 tarakan. the subjectsof the research is the students of seventh vii-6 grade, there are 16 male studentsand 19 female students. the data were obtained by observation and test. the technique which used to analize the data was qualitative descriptive. the process of learning mathematics can be seen from the activities of teachers and students, the results showed there was an increase of activity the teachers of the first cycle to the second cycle of 4% and there is increased activity of students from the first cycle to the second cycle of 3.8 %. the average value of the learning outcomes of students has increased from 57.14 % in the first cycle to 80 % in the second cycle. this indicates that the application of learning models of role playing can improve students' mathematics learning outcomes on the subject of the set in vii-6 smp negeri 8 tarakan. keywords: mastery learning, role playing