UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Sikap Belajar Dan Tingkat Kecerdasan Logika-Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Tarakan

Pengaruh Sikap Belajar Dan Tingkat Kecerdasan Logika-Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Tarakan

Pengarang : Ahmad Syarif Hidayat

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap belajar siswa, tingkat kecerdasan logika-matematika siswa, dan seberapa besar pengaruh sikap belajar dan tingkat kecerdasan logika-matematika siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas xi smk negeri 2 tarakan. penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2015/2016. jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. populasi penelitian adalah seluruh kelas xi smk negeri 2 tarakan. sampel penelitian diambil dengan teknik proporsional stratified random sampling. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, tes, dan dokumen. teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian adalah analisis regresi berganda dengan bantuan software spss 16.0 for windows. hasil penelitian menunjukkan bahwa kategorisasi sikap belajar pada umumnya berada pada kategori sedang sebesar 50%. kategorisasi tingkat kecerdasan logika-matematika pada umumnya berada pada kategori sedang sebesar 40,1%. sikap belajar dan tingkat kecerdasan logika-matematika memberikan pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas xi smk negeri 2 tarakan dengan persamaan regresi menunjukkan Ŷ = 2,203 + 0,006 x1 + 0,027 x2. hasil analisis pengujian koefisien determinasi menunjukkan bahwa variabel sikap belajar dan tingkat kecerdasan logika-matematika memberikan kontribusi sebesar 97,1% terhadap prestasi belajar matematika siswa, sehingga faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar matematika siswa di luar pembahasan ini memberikan kontribusi sebesar 8,9%. kata kunci: sikap belajar, tingkat kecerdasan logika-matematika, dan prestasi belajar matematika

Abstrak Indonesia

This research aimed to determine learning attitude, logical-mathematical intelligence level, and the influence of the learning attitude and logical mathematical intelligence level of students learning achievement of class xi student of smk negeri 2 tarakan. this study was conducted on odd semester academic year 2015/2016. this research is a quantitative research with associative approach. the population of this research was all of grade xi students of smk negeri 2 tarakan. the sample of this research was taken by proportional stratified random sampling technique. the technique of collecting data in this research were questionnaire, tests, and documents. the technique of analyzing data was double regression analysis by software spss 16.0 for windows. the results of this research showed that categorization of learning attitudes was generally in quite positive category which is 50%. categorization of logical mathematical intelligence levels are generally quite middle which is 40.1%. the attitude of learning and logical-mathematical intelligence levels gave a significant influence toward mathematics learning achievement of grade xi students at smk negeri 2 tarakan with regression equation showed Ŷ = 2,203 + 0,006 x1 + 0,027 x2. the coefficient of determination analysis showed that the variable of learnings attitude and logical-mathematical intelligence levels gave 97.1% contribution toward students mathematics learning achievement, therefore other factors that influence students mathematics learning achivement gave 8.9% contribution. keywords: learning attitude, logical-mathematical intelligence levels, and mathematics learning achievement