UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Pemahaman Konsep Materi Perbandingan Kelas VII SMP Negeri 9 Tarakan

Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Pemahaman Konsep Materi Perbandingan Kelas VII SMP Negeri 9 Tarakan

Pengarang : Agus Camseno

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pembelajaran matematika realistik terhadap pemahaman konsep materi perbandingan siswa kelas vii smp negeri 9 tarakan. penelitian dilakukan pada semester ganjil tahun pembelajaran 2015/2016. jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. sampel penelitian diambil dengan teknik acak yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. analisis data yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji statistic one sample t-test dan independent sample test berbantuan software spss versi 16.0 for windows. hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pemahaman konsep siswa yang diajarkan dengan pembelajaran matematika realistik lebih tinggi dari rata rata kemampuan pemahaman konsep siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. dengan demikian pembelajaran matematika realistik berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa. kata kunci: pembelajaran matematika realistik, pemahaman konsep

Abstrak Indonesia

This study aims to determine the effect of use realistic mathematics education concept training material comparison of seventh grade students of smp negeri 9 taraka. the study was conducted in the first semester of the 2015/2016 learning year. this research is a quasi experimental design. samples were taken at random technique that consists of two classes, namely class experiment and control class. analysis of data used to analyze the research data are descriptive and inferential statistics using statistical test one sample t-test and independent sample t-test aided software spss version 16.0 for windows. the result showed that the average student’s understanding of concepts taught with realistic mathematics learning in higher than average ability student’s understanding of concepts taught by conventional teaching. this, the realistics mathematics learning affect the ability of students’s to understand the concept. keywords: realistic mathematic education, understanding of the concept